PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH LAMPUNG

RAYI, YESTIANA PUTRI (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Rayi Yestiana Putri_1611100486.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan identifikasi masalah yang ditemukan, yaitu: bahan ajar pendamping untuk kelas IV belum terfokus materi dilingkungan tempat tinggal dan sekolah untuk mengenalkan kearifan lokal daerah Lampung, pendidik kelas IV belum menggunakan bahan ajar pendamping secara tematik yang dikaitkan dengan lingkungan tempat tinggal dan sekolah untuk mengenalkan kearifan lokal daerah Lampung, serta pendidik kelas IV belum menyisipkan kearifan lokal daerah Lampung pada materi pelajaran. Sehingga perlu dikembangkan bahan ajar tematik yang berbasis kearifan lokal daerah Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul dan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Metode penelitian ini menggunakan tujuh tahapan penelitian, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian dan pengambangan menghasilkan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Daerah Lampung dikembangkan melalui beberapa tahapan yakni mendesain tampilan awal produk menggunakan Microsoft Word 2010, mendesain lembaran-lembaran yang sesuai dengan isi modul dan mengubahnya menjadi format PDF untuk siap dicetak. Hasil pengujian ahli materi dinyatakan sangat layak dengan persentase 86,87%, penilaian ahli media memperoleh persentase 92,40% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli bahasa dinyatakan sangat layak dengan presentase 85,27%. Respon pendidik pada uji coba produk sebesar 92,63% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik pada uji coba skala kecil memperoleh persentase sebesar 92,00% dengan kriteria sangat layak, dan respon peserta didik pada uji coba skala besar memperoleh persentase sebesar 95,02% dengan kriteria sangat layak. Sehingga Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Daerah Lampung layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:30
Last Modified: 07 Sep 2021 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15619

Actions (login required)

View Item View Item