TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBIAYAAN MIKRO DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Pada Pegadaian Syariah Cabang Way Halim Bandar Lampung)

BERIL, MARULI RAMADHAN (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBIAYAAN MIKRO DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Pada Pegadaian Syariah Cabang Way Halim Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi BERIL MARULI RAMADHAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pegadaian Syariah merupakan lembaga keuangan yang diminati oleh masyarakat dikarenakan proses cepat dan syarat-syarat yang diperlukan cukup mudah. Salah satu produk dari Pegadaian Syariah yaitu produk pembiayaan Arrum BPKB, Produk Ar-Rum merupakan skim pembiayaan syariah yang disediakan bagi pengusaha skala UMKM untuk kebutuhan dana usahanya yang didasarkan atas kelayakan usaha yang bersangkutan. Produk Ar-Rum menawarkan kemudahan akses dimana pengusaha tersebut bisa mendapatkan pembiayaan hanya dengan jaminan BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor), dimana kendaraan tetap pada pemiik sehingga bisa tetap digunakan untuk mendukung aktivitas usahanya sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana Praktik Pembiayaan Mikro Di Lembaga Keuangan Syariah Pada Pegadaian Syariah Cabang Way Halim Bandar Lampung? (2). Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Mengenai Praktik Pembiayaan Mikro Di Lembaga Keuangan Syariah Pada Pegadaian Syariah Cabang Way Halim Bandar Lampung? Adapun metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode kualitatif, feild research yang bersifat deskriptif analisis serta data primer didapat dari wawancara kepada pegawai Pegadaian Syariah Cabang Way Halim Bandar Lampung serta sejumlah nasabah yang sudah melakukan jasa pembiayaan Arrum BPKB di Pegadaian Syariah Cabang Way Halim Bandar Lampung, sedangkan data sekunder didapat dari hasil penelaahan serta buku-buku yang mempunyai relevansi dengan permasalahan yang dikaji. Kesimpulan dari hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Prosedur pembiayaan mikro di lembaga keuangan syariah pada pegadaian syariah cabang Way Halim Bandar Lampung ini memberikan pembiayaan kepada nasabah untuk membantu para pengusaha kecil memperoleh modal usaha dengan jaminan BPKB kendaraan. Tetapi kendaraan dapat digunakan pemiliknya untuk membantu oprasional kegiatan usaha yang dijalankan. Dengan menggunakan konstruksi pinjaman secara gadai maupun fudusia. 2) Dalam tinjauan hukum Islam pembiayaan yang diberikan oleh pegadaian syariah cabang Way Halim ini diperbolehkan, karena pihak pegadaian syariah sifatnya membantu masyarakat yang membutuhkan modal usaha dan untuk menghindari masyarakat dari kredit leasing yang menggunakan sistem bunga bersifat riba. Keuntungan/margin yang didapatkan oleh pegadaian syariah ialah dari biaya pemeliharaan (mu‟nah) berdasarkan taksiran kendaraan sebagai imbalan atas jasa untuk pembiayaan mikro yang telah diberikan oleh pihak pegadaian syariah. Kata kunci: Arrum BPKB, Hukum Islam, Mikro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:18
Last Modified: 07 Sep 2021 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15617

Actions (login required)

View Item View Item