HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL Al – QUR’AN DAN HABITS OF MIND TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII DI SMP IT NURUL IMAN PESAWARAN

SITI, AMBAR KHOIRIYAH (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL Al – QUR’AN DAN HABITS OF MIND TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII DI SMP IT NURUL IMAN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL Al – QUR’AN DAN HABITS OF MIND TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII DI SMP IT NURUL IMAN PESAWARAN Oleh : Siti Ambar Khoiriyah Kemampuan menghafal Al-Qur’an melatih peserta didik untuk berkonsentrasi tinggi. Jika terbiasa berkonsentrasi tinggi maka akan menjadi pembiasaaan atau habits yang positif bagi peserta didik yang akan membentuk kebiasaan pemikiran (Habits of Mind). Kebiasaan berpikir juga merupakan indikator dari kemampuan akademik yang berkaitan dengan kesuksesan. Tahap awal dari indikator kemampuan akademik adalah dikuasai konsep pelajaran oleh peserta didik. Sehingga kebiasaan pikiran memiliki pengaruh langsung terhadap penguasaan konsep peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan menghafal Al-Qur’an dan habits of mind terhadap penguasaan konsep materi sistem pernapasan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel berjumlah 37 peserta didik, Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian berupa angket kemampuan menghafal Al-Qur’an, angket habits of mind dan soal tes penguasaan konsep materi sistem pernapasan. Dari hasil penelitian di dapatkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan penguasaan konsep materi sistem pernapasan, diperoleh taraf signifikasi a = 0,05 dan nilai p-value = 0,034. Dengan demikian p-value<0,05, sehingga H0 ditolak. (2) Ada hubungan yang signifikan antara Habits of Mind dengan penguasaan konsep materi sistem pernapasan, diperoleh taraf signifikansi a= 0,05 dan nilai p-value= 0,000. Dengan demikian bahwa p-value <0,05, sehingga H0 ditolak. (3) Ada hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dan Habits of Mind dengan penguasaan konsep materi sistem pernapasan pada peserta, diperoleh taraf signifikansi a=0,05 dan nilai p-value= 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa p-value<0,05, sehinga H0 ditolak. Kata kunci : Menghafal Al-Qur’an, Habits of Mind, Penguasaan Konsep iiABSTRACT THE RELATIONSHIP OF THE ABILITY OF MEMORY OF THE QUR'AN AND THE HABITS OF MIND TO MASTERY CONCEPTS OF RESPIRATORY SYSTEM MATERIALS CLASS VIII IN SMP IT NURUL IMAN PESAWARAN By : Siti Ambar Khoiriyah The ability to memorize the Qur'an trains students to concentrate highly. If you are used to high concentration, it will become a positive habit for students who will form habits of mind (Habits of Mind). Habit of thinking is also an indicator of academic ability related to success. The initial stage of the indicators of academic ability is mastered by the students' learning concepts. So that the habit of mind has a direct influence on the mastery of students' concepts. The purpose of this study was to determine the relationship between the ability to memorize the Qur'an and habits of mind on the mastery of students' respiratory system concepts. The type of research used is quantitative research with correlational methods. The sample amounted to 37 students. The selection of the research sample was carried out using purposive sampling technique. The instruments in the study were a questionnaire on the ability to memorize the Qur'an, a questionnaire on habits of mind and a test of mastery of the respiratory system concept material. From the results of the study, it was found that (1) There was a significant relationship between the ability to memorize the Qur'an with mastery of the concept of the respiratory system material, obtained a significance level of a = 0.05 and a p-value = 0.034. Thus the p-value <0.05, so H0 is rejected. (2) There is a significant relationship between Habits of Mind with mastery of the concept of the respiratory system, obtained a significance level of a = 0.05 and a p-value = 0.000. Thus, the p-value <0.05, so H0 is rejected. (3) There is a jointly significant relationship between the ability to memorize the Al-Qur'an and Habits of Mind with mastery of the respiratory system material concepts in participants, obtained a significance level of a = 0.05 and a p-value = 0.000. This shows that the p-value <0.05, so H0 is rejected. Keywords: Memorizing the Qur'an; Habits of Mind; Mastery of Concept

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:34
Last Modified: 06 Sep 2021 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15599

Actions (login required)

View Item View Item