STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 CUKUH BALAK TANGGAMUS

MUHAMMAD, RUZABARI (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 CUKUH BALAK TANGGAMUS. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (455kB)
[thumbnail of TESIS M. Ruzabari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 CUKUH BALAK TANGGAMUS Oleh MUHAMMAD RUZABARI Penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah merupakan kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu secara sistematis, terencana dan berkelanjutan. Dalam menciptakan budaya mutu di sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan, sosok guru yang mempunyai kualifikasi, kompetensi, dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas profesionalnya sangat dibutuhkan. Untuk meningkatkan kompetensi professional guru diperlukan manajemen sumber daya guru yang dilakukan oleh Kepala Sekolah. Oleh karena itu diperlukan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keprofesionalan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah – langkah strategi kepemimpinan kepala sekolah dan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kompetensi professional guru di SMA Negeri 1 Cukuh Balak Tanggamus.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan sumber data utama (primer) yaitu sumber data yang diambil peneliti melalui wawancara dan observasi langsung kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru serta sumber data tambahan (sekunder ) yang di dapat dari dokumen yang ada di iSMA Negeri 1 Cukuh Balak Tanggamus dan pengembangan instrumen penelitian. Melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi diperoleh bahwa kondisi guru di SMA Negeri 1 Cukuh Balak masih adanya guru yang belum berkualifikasi pendidikan S1/D4 dan masih banyak guru yang belum bersertifikat pendidik sehingga diperlukan strategi Kepala Sekolah untuk meningkatkan keprofesionalan guru tersebut. Hal lain yang menjadi penunjang yaitu sarana dan prasarana pembelajaran bagi guru dan peserta didik masih kurang terutama dalam hal pemanfaatan TIK dan internet. Strategi yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru adalah dengan melakukan Evaluasi Diri Sekolah melalui Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dan melalui kegiatan keprofesian berkelanjutan bagi guru serta melalui kegiatan supervisi pembelajarandalam melaksanakan monitoring dan evaluasi peningkatan kompetensi professional guru. Adapun kendala yang dihadapi Kepala SMA Negeri 1 Cukuh Balak dalam pengembangan Kompetensi Profesional Guru antara lain yaitu Kepala sekolah kurang tegas dalam menerapkan kebijakan., kurangnya motivasi guru untuk dapat meningkatkan kompetensi, adanya guru yang domisilinya jauh dari sekolah sehingga mempengaruhi kedisiplinan guru serta masih rendahnya partisipasi warga lingkungan sekolah dalam hal peningkatan kompetensi guru terutama dalam hal mengikuti kegiatan guru di luar sekolah.. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru, iiABSTRACT THE PRINCIPAL’S STRATEGY IN IMPROVING THE PROFESSIONAL COMPETENCE OF TEACHERS AT SMA NEGERI 1 CUKUH BALAK By MUHAMMAD RUZABARI The quality assurance of primary and secondary education is a unitary of element consisting of an integrated organization, policy and process that regulates all activities to improve quality in a systematic, planned and sustainable manner. In creating a quality culture in schools and improving the quality of education, a teacher with high qualifications, competence and dedication in carrying out his professional duties is needed. To develop teacher professional competence, teacher resource management is required by the principal’s. Therefore it is necessary for the principal’s to apply a good strategy in improving teacher professionalism to improve the quality of education or learning process. This study aims to determine the steps of the principal’s strategy and the obstacles faced in developing teacher professional competence to in SMA Negeri 1 Cukuh Balak Tanggamus. The method used in this research is a qualitative approach with the primary data source (primary), namely the source of data taken by researcher through interviews and direct observation to the principal’s, vice-the principal’s, and teachers as well as additional (secondary) data sources obtained from existing documents at SMA Negeri 1 Cukuh Balak Tanggamus and the development of research instruments. Through interviews, observation, and documentation, it was found that the condition of teachers at SMA Negeri 1 Cukuh Balak had not yet got for S1 / D4 iiieducation qualification, and many teachers had not yet been certified as professional educators so that the quality of their teachers was still lacking because the quality indicators in the teacher standards did not match the provisions. Supporting learning infrastructure for teachers and students is still lacking in terms of the use of ICT and the internet. The strategy adopted the principal’s in improving teacher competence is to conduct school self-evaluation through the Education Quality Assurance System. In planning and implementing teacher quality improvement through continuous professional activities for teachers and through learning supervision activities in monitoring and evaluating teacher quality improvement. As for the obstacles faced by the principal’sat SMA Negeri 1 Cukuh Balak in improving Teacher Professional Competence and school quality, among others, the headmaster is less assertive in implementing policies,lack of teacher’s motivation to be able to increase their competence, the existence of teachers who live far from the school so that it affects teacher discipline and still low participation of residents in the school environment in terms of increasing teacher competence, especially in terms of participating in teacher activities outside of school. Keywords: THE PRINCIPAL’S STRATEGY IN IMPROVING THE PROFESSIONAL COMPETENCE OF TEACHER

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:38
Last Modified: 06 Sep 2021 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15594

Actions (login required)

View Item View Item