IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT AR RAHMAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

TRI, MARDEKAWATI (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT AR RAHMAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI  TRI MARDEKAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2 DAPUS TRI MARDEKAWATI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sejak pertengahan bulan Maret hingga saat ini pemerintah memutuskan melaksanakan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dikarenakan pandemi Covid-19 yang terus meluas untuk menekan angka penyebaran. Kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan dan dilaksanakan secara daring. Implementasi pembelajaran daring membuat pendidik kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran dan peserta didik kesulitan bertanya kepada pendidik jika ada materi yang tidak dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari implementasi pembelajaran daring terhadap minat belajar peserta didik kelas IV di SD IT AR RAHMAN Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh implementasi pembelajaran daring terhadap minat belajar peserta didik di SD IT AR RAHMAN Jati Agung Lampung Selatan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SD IT AR RAHMAN Jati Agung Lampung Selatan. Sampel penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik kelas IV Khadijah binti Khuwailid. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara implementasi pembelajaran daring terhadap minat belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari respon peserta didik saat pembelajaran daring berlangsung. Selain itu juga ditemukan faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi Handphone, media pembelajaran dan RPP. Sedangkan faktor penghambat antara lain pembelajaran daring membuat pendidik membutuhkan waktu untuk beradaptasi menerapkannya dalam pembelajaran, peserta didik yang kurang berpatisipasi dalam pembelajaran, penggunaan RPP yang belum sesuai dengan RPP pembelajaran daring, penggunaan media pembelajaran yang kurang beragam. Kata kunci: Pembelajaran daring, minat belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:12
Last Modified: 06 Sep 2021 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item View Item