METODE DAKWAH JAMAAH TABLIGH (JAULAH) DALAM MENYIARKAN AGAMA ISLAM DI MUSHOLA AR-RESQ (Studi kasus Bukit Kemiling Permai Bandar Lampung)

CUT, MAISARAH (2021) METODE DAKWAH JAMAAH TABLIGH (JAULAH) DALAM MENYIARKAN AGAMA ISLAM DI MUSHOLA AR-RESQ (Studi kasus Bukit Kemiling Permai Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CUT MAISARAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK METODE DAKWAH JAMAAH TABLIGH (JAULAH) DALAM MENYIARKAN AGAMA ISLAM DI MUSHOLA AR-RESQ (Studi kasus Bukit Kemiling Permai Bandar Lampung) Oleh: CUT MAISARAH Metode dakwah adalah cara yang telah diatur dan melalui proses pemikiran untuk mencapai suatu maksud atau juga bisa dimaksud dengan cara yang dilakukan oleh seorang Da’i kepada komunikator. Dakwah adalah sesutu proses kegiatan mengajak jalan Allah SWT dan mempengaruhi hal-hal yang baik. Rumusan masalah dalam penelian ini adalah bagaimana metode dakwah Jamaah Tabligh dalam menyiarkan agama islam di Mushola Ar-Resq? Dan apa saja faktor penghambat dan pendukung metode dakwah Jamaah Tabligh dalam menyiarkan agama islam di Mushola Ar-Resq? Pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif dari mengambil latar di Pondok Pesantren Madarijul Ulum, subyek dari penelitian ini adalah Jamaah Tabligh yang ada di Mushola Ar-Resq dengan menggunakan metode nonprobality sampling dengan tehnik nonprobaliti sampling yang digunakan di penelitian ini berjenis purposive sampling yang merupakan tehnik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga terdapat kateria dalam menentukan sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data tentang cara atau metode dakwah Jamaah Tabligh di Mushola Ar-Resq, dalam menyiarkan agama islam melalui metode pendekatan secara door to door, musyawarah. faktor pendukung yaitu yang pertama, keteladanan Jamaah Tabligh dan kepercayaannya terhadap agama islam. Yang kedua. Adanya respon baik dari masyarakat sekitar Bukit Kemiling Permai dan kebersamaan Jamaah Tabligh. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu yang pertama, cara penyampaian dakwah yang digunakan masih tradisional yang membuat masyarakat kurang tertarik dalam kegiatan dakwah Jamaah Tabligh. Yang kedua, beberapa pandangan Masyarakat yang negatif mengenai Jamaah Tabligh. Kesimpulannya Metode Dakwah Jamaah Tabligh dalam menyiarkan agama islam bisa berhasil membuat masyarakat ikut serta dalam kegiatan dakwah jamaah tabligh dan meningkatkan pehamahaman tentang ajaran Baginda Rasulullah SAW.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:59
Last Modified: 06 Sep 2021 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item