KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AHMAD TAFSIR

Nur, Rohman (2021) KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AHMAD TAFSIR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR ROHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Istilah kurikulum muncul untuk pertama kalinya tahun 1856. Pada tahun itu kata kurikulum digunakan dalam bidang olahraga, yakni suatu alat yang membawa orang dari start sampai ke finish. Barulah pada tahun 1955 istilah kurikulum dipakai dalam bidang pendidikan dengan arti sejumlah mata pelajaran di suatu perguruan. Menurut S. Nasution, kurikulum adalah sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan. Apa yang direncanakan biasanya bersifat idea, suatu cita-cita tentang manusia atau warga negara yang akan dibentuk. Skripsi ini akan mengkemukakan salah satu tokoh pemikiran pendidikan Islam yaitu Prof. Dr. H. Ahmad Tafsir, pada penelitian ini peneliti khusus membahas tentang bagaimana kurikulum pendidikan islam menurut pandangan Ahmad Tafsir. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah libray research atau penelitian kepustakaan yaitu permasalahan dan pengumpulan data penelitian ini bersumber dari data primer (pokok) dan data sekunder ( data pendukung) tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, serta metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah menganalisa isi dalam suatu data atau analisis isi (content analysis). Hasil penelitian, kesimpulan Ahmad Tafsir menawarkan konsep kurikulum yang berintikan keimanan dan akhlak sebagai intinya, yang dimana menjadikan ilmu, keterampilan dan seni dalam kurikulum yang di tawarkan yaitu kurikulum pendidikan islami mengandung nilai-nilai keimanan yang dimana dalam pengonsepan kerangka kurikulum dimulai dari tujuan pendidikan islam itu sendiriyaitu membentuk manusia menjadi muslim yang sebenarnya (kaffah), dan memiliki relevansi dengan kurikulum PAI di sekolah yaitu dalam ranah tujuannya, aspek proses pendidikannya haruslah berkesinambungan dan berurutan serta berjenjang dalam ranah keilmuannya. Kata kunci: KonsepKurikulum,Pendidikan islam, dan perspektif Ahmad Tafsir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:12
Last Modified: 03 Sep 2021 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15578

Actions (login required)

View Item View Item