PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK

RISKI, SUSANTI (2021) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (704kB)
[thumbnail of SKRIPSI RISKI SUSANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK Model Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran dikembangkan untuk membantu pendidik dalam yang mengembangkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya suatu peningkatan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematis yang menerapkan model pembelajaran PBL dengan menggunakan bahan ajar gamifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimental design menggunakan posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN di Kabupaten Lampung Timur. Sampel penelitian ini berjumlah 60 peserta didik dengan 30 peserta didik di kelas eksperimen dan 30 peserta didik di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji ANOVA dua jalan dengan taraf signifikan 95%. dan perhitungnnya menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL dengan menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Selain itu, terdapat pengaruh antara gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika. Peserta didik yang memiliki gaya kognitif FI memiliki peningkatan kemampuan memahami konsep matematika yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika. Kata Kunci: Model PBL, Gamifikasi, Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Kognitif,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:22
Last Modified: 03 Sep 2021 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15574

Actions (login required)

View Item View Item