PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS BOUNDED INQUIRY LABORATORY PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI MAN 2 LAMPUNG UTARA

AKRIMA, ALFIYANA SEPTI (2021) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS BOUNDED INQUIRY LABORATORY PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI MAN 2 LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Akrima Alfiyana Septi Penelitian dan penggembangan modul dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul Biologi berbasis bounded inquiry laboratory pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 2 Lampung Utara, (2) respon peserta didik terhadap modul Biologi berbasis bounded inquiry laboratory pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 2 Lampung Utara. Penelitian dan pengemabang ini adalah jenis penelitian yang menggunakan metode pengembangan R&D (Reserch and Development), penelitian pengembangan ini merupakan langkah dalam mengembangkan produk baru atau mengemabngan produk yang sudah ada. Pengembangan modul menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Presentase kelayakan modul pada tahap pengembangan, pada tahap awal validasi para ahli materi, memperoleh presentase 75% dengan kategori layak, sedangkan tahap akhir validasi para ahli materi, memperoleh presentase 92,08% dengan kategori sangat layak, pada tahap awal validasi ahli media memperoleh presentase 80% dengan kategori layak, sengakan pada tahap akhir validasi ahli media memperoleh presentase 92,22% dengan kategori sangat layak dan pada tahap akhir validasi ahli bahasa memperoleh presentase 71,66% dnegan kategori layak, sedangkan tahap akhir validasi ahli bahasa memperoleh presentase 86,11% dnegan kategori sangat layak. Pada uji Coba produk terhadap tanggapan peserta didik pada skala terbatas presentase yang di peroleh 89,52% dengan kategori sangat baik, pada uji coba skla luas presentase yang di peroleh 90,20% dengan kategori sangat baik, kemudian pada respon pendidik presentase yang di peroleh 80% dengan kategori baik. Kata kunci: Modul, Bounded Inquiry Laboratory, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:07
Last Modified: 03 Sep 2021 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15571

Actions (login required)

View Item View Item