PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MICROSOFT VISUAL BASIC BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

RINA, PUSPITA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MICROSOFT VISUAL BASIC BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI RINA PUSPITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of BAB I,I & DAPUS RINA PUSPITA.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan, respon maupun efektivitas pembelajaran Media Pembelajaran berbasis Microsoft Visual Basic berbantuan Sparkol VideoScribe untuk sekolah menengah atas. Jenis penelitian yang digunakan research and development (R&D) dengan model ADDIE. Tahapan model ADDIE meliputi 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian dilakukan di SMA Tunas Bangsa Lampung Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi guna mengetahui kevalidan Media Pembelajaran berbasis Microsoft Visual Basic diberikan kepada para ahli dan untuk mengukur kepraktisan Media Pembelajaran berbasis Microsoft Visual Basic berbantuan Sparkol VideoScribe instrument yang digunakan adalah angket respon siswa yang diberikan kepada peserta didik. Hasil penilaian angket ahli media diperoleh rata-rata sebesar 3,51 dengan kriteria “valid” dan hasil penilaian angket ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 3,45 dengan kriteria “valid”. Adapun hasil penelitian ini dengan respon peserta didik dari penggunaan Media Pembelajaran berbasis Microsoft Visual Basic berbantuan Sparkol VideoScribe dalam uji skala kecil yang dilakukan kepada 10 peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,48 dengan kriteria “sangat menarik” dan uji skala besar yang dilakukan kepada 20 peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,65 dengan kriteria “sangat menarik”. Tingkat keefektifan penggunaan Media Pembelajaran berbasis Microsoft Visual Basic berbantuan Sparkol VideoScribe tidak dapat dilakukan karena adanya wabah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran berbasis Microsoft Visual Basic berbantuan Sparkol VideoScribe tersebut layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Microsoft Visual Basic, Sparkol VideoScribe

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:04
Last Modified: 03 Sep 2021 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15569

Actions (login required)

View Item View Item