EKSPLORASI KEANEKARAGAMAN MAKROBENTOS SEBAGAI INDIKATOR BIOLOGIS KUALITAS PERAIRAN PESISIR PANTAI SARI RINGGUNG KABUPATEN PESAWARAN

MUHAMAD, ASWIN YUSUF (2021) EKSPLORASI KEANEKARAGAMAN MAKROBENTOS SEBAGAI INDIKATOR BIOLOGIS KUALITAS PERAIRAN PESISIR PANTAI SARI RINGGUNG KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI M ASWIN YUSUF LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER, BAB I.BAB2 DAPUS     M ASWIN YUSUF.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK EKSPLORASI KEANEKARAGAMAN MAKROBENTOS SEBAGAI INDIKATOR BIOLOGIS KUALITAS PERAIRAN PESISIR PANTAI SARI RINGGUNG KABUPATEN PESAWARAN Oleh MUHAMAD ASWIN YUSUF Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu objek pariwisata bahari yang terletak di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Keindahan panorama alam dan akses yang mudah dijangkau menjadi daya tarik tersendiri, kawasan wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Alih fungsi kawasan pesisir pantai Sari Ringgung menjadi kawasan wisata menimbulkan perubahan ekosistem perairan. Masuknya bahan pencemar organik ataupun anorganik dari aktivitas pengunjung dan masyarakat lama kelamaan akan menurunkan kualitas air dan berdampak secara langsung pada biota yang hidup didalamnya. Salah satu organisme yang dapat dijadikan indikator biologis kualitas perairan adalah makrobentos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas perairan pesisir pantai Sari Ringgung menggunakan parameter kimia (BOD, COD, DO, pH, Salinitas ), fisika (kedalaman, kekeruhan, suhu) dan Biologi (makrobentos). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi lapangan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik line transek. Hasil penelitian didapatkan nilai indeks keanekaragaman Shannon-wiener (H’) tertinggi yaitu pada stasiun 2 sebesar 1,29 dengan kategori keanekaragaman sedang. Nilai keseragaman Shannon-wiener (E) tertinggi yaitu pada stasiun 1 sebesar 0,87 dengan kategori keseragaman tinggi. Sedangkan nilai dominasi simpson (C) tertinggi yaitu pada stasiun 1 dan 3 sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Penilaian kualitas air berdasarkan parameter fisika dan kimia menunjukan hasil yang menunjukan bahwa perairan pesisir pantai Sari Ringgung tercemar sedang. Kata kunci : Makrobentos, Indikator kimia, Indikator fisika, Eksploitasi pesisir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:58
Last Modified: 03 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15568

Actions (login required)

View Item View Item