ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG DAMPAK PERBEDAAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP PEMENUHAN NAFKAH DALAM RUMAH TANGGA ( Studi Kasus di Desa Banjar Negeri Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran)

Listia, Febriyani (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG DAMPAK PERBEDAAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP PEMENUHAN NAFKAH DALAM RUMAH TANGGA ( Studi Kasus di Desa Banjar Negeri Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkawinan adalah suatu ikatan lahir dan batin antara laki-laki maupun wanita yang menunjang segala aspek kesejahteraan baik secara materil atau non materil, Hukum Islam mengatur semua aspek dalam kehidupan manusia baik dari hukum perkawinan, perceraian, maupun hak dan kewajibannya. Dalam lingkup pernikahan Islam ada beberapa fenomena-fenomena yang unik. Adapun fenomena yang terjadi di Desa Banjar Negeri, Kecamatan Waylima, Kabupaten Pesawaran adalah adanya pernikahan perbedaan tingkat pendapatan dalam rumah tangga dalam aspek ini istri mempunyai pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan suami. Rumusan masalah dalam penelitian ini pertama,bagaimana dampak perbedaan tingkat pendidikan terhadap pemenuhan nafkah dalam rumah tangga di Desa Banjar Negeri Kec. Waylima Kab. Pesawaran ? kedua, bagaimana analisis hukum Islam tentang dampak perbedaan tingkat pendapatan terhadap pemenuhan nafkah dalam rumah tangga di Desa Banjar Negeri Kec. Waylima Kab. Pesawaran ?. Adapun tujuan penelitian ini pertama, untuk Mengetahui dampak perbedaan tingkat pendapatan terhadap pemenuhan nafkah dalam rumah tangga di Desa Banjar Negeri Kec. Way Lima Kab. Pesawaran. Kedua, untuk Mengetahui pandangan Hukum Islam tentang dampak perbedaan tingkat pendapatan terhadap pemenuhan nafkah dalam rumah tangga Di Desa Banjar Negeri Kec. Way Lima Kab. Pesawaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yang bersifat deskriptif analisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan berfikir induktif. Untuk menentukan subjek penelitian penulis menggunakan sampling. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan metode metode purposive sampling. Dengan memperhatikan kemampuan peneliti dan atas pertimbangan tersebut, maka memutuskan untuk menggunakan sampling penelitian berjumlah 4 orang sebagai sumber data yang kongkrit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa istri yang mempunyai tingkat pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan suami sebagai pencari nafkah memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap kehidupan rumah tangga. Pengaruh positif istri sebagai pencari nafkah utama yaitu menjadikan perekonomian rumah tangga menjadi lebih baik. Pengaruh negatifnya, kewajiban sebagai ibu rumah tangga menjadi terabaikan di antaranya yaitu istri menjadi kurang taat terhadap suami, terpenuhi dan pekerjaan rumah tangga terabaikan. Dalam perspektif hukum Islam wajibnya memperhitungkan seberapa besar dan kepentingan ketika akan menghindarkan sesuatu yang dapat menimbulkan kerugian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:48
Last Modified: 03 Sep 2021 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15562

Actions (login required)

View Item View Item