PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG IMPLEMENTASI PASAL 45 UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SARANA TEMPAT KELAYAKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus SLB Sinar Hafizah di Desa Wiyono Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)

DESI, SETYAWATI (2021) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG IMPLEMENTASI PASAL 45 UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SARANA TEMPAT KELAYAKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus SLB Sinar Hafizah di Desa Wiyono Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT I DAN II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. SLB Sinar Hafizah merupakan salah satu lembaga bagi pendidikan terkhususnya untuk anak yang memiliki perbedaan fisik atau mental, sehingga baik dianjurkan melalui lembaga sekolah luar biasa tersebut. Pada Undang- Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) bahwa setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik. Ketentuan mengenai penyediaan sarana dan prasarana pendidikan pada semua satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pasal 45 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sarana Tempat Kelayakan Anak Berkebutuhan Khusus Bedasarkan Di Sekolah SLB Sinar Hafizah Di Desa Wiyono Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran dan Bagaimana Pandangan Hukum Islam Terhadap Implementasi Pasal 45 Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Standar Kelayakan Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Berdasarkan Di Sekolah SLB Sinar Hafizah Di Desa Wiyono Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran. Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden, teknik pengumpulan data yang akan digunakan berupa dari buku, wawancara, dokumen, arsip, peraturan perundang- undangan, Al-qur‟an, hadist, dan hasil dari penelitian. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus berdasarkan sumber data primer dan sekunder. Hasil pada penelitian ini menjawab rumusan masalah, antara lain pertama,Sarana dan prasarana yang ada pada SLB Sinar Hafizah sendiri yaitu masih terdapat banyak kekuranganbagi anak-anak iiberkebutuhan khusus seperti gedung yang kurang layak, belum adanya alat bermain untuk anak berkebutuhan khusus,dan kurang meningkatnya kemajuan sarana dan prasarana yang ada di SLB Sinar Hafizah, karena faktor masyarakat yang kurang peduli dengan adanya sekolah tersebut, serta kurangnya perhatian oleh Pemerintah mengenai penyediaan sarana prasarana pendidikan SLB Sinar Hafizah di Desa Wiyono Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran yang membuat kurang efisien nya implementasi peraturan Undang-Undang No.20 pasal 45 Tahun 2003 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 33 Tahun 2008 terkait sarana prasarana anak berkebutuhan khusus. Kedua, sarana prasarana yang ada di SLB Sinar Hafizah ini, sudah memasuki kategori yang layak untuk di gunakan oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Karena sarana dan prasarana yang ada di SLB Sinar Hafizah menurut perspektif hukum Islam telah memenuhi beberapa unsur pada maslahah al-dharuriyah yaitu untuk memelihara agama, memelihara jiwa, dan memelihara akal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:07
Last Modified: 02 Sep 2021 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15553

Actions (login required)

View Item View Item