TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP MEKANISME PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MERENCANAKAN PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Rangai Tritunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan)

Diajeng, Sakhara Purnama (2021) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP MEKANISME PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MERENCANAKAN PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Rangai Tritunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of CETAK SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mekanisme pengambilan keputusan dalam perencanaan pembangunan Desa tidak terlepas dari peran Kepala Desa dan masyarakat. Melalui musyawarah perencanaan pembangunan Desa dikaji dan hal itu merupakan hal yang utama, karena Desa yang maju dapat terlihat dari peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk kesejahteraan masyarakat Desa. Disisi lain implementasi terkait pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan di Desa Rangai Tritunggal seringkali tidak berjalan dengan hasil musyawarah. Dari latar belakang yang penulis jelaskan diatas, maka rumusan masalah yang akan dipecahkan oleh penulis yaitu bagaimana mekanisme dan implementasi pengambilan keputusan dalam perencanaan pembangunan Desa Rangai Tritunggal dan bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap pengambilan keputusan oleh pemimpin/Kepala Desa dalam perencanaan pembangunan. Tujuan penelitian ini untuk meninjau serta menganalisis bagaimana mekanisme pengambilan keputusan Kepala Desa Rangai Tritunggal dan untuk mengetahui bagaimana pandangan fiqh siyasah dalam pengambilan keputusan Pemimpin dalam hukum Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis yang merupakan penelitian lapangan (field research), penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh menggunakan teknik purposive sampling (non random) yaitu data dari responden langsung seperti: Kepala Dusun, BPD (Badan Permusyawaratan Desa), LPM, dann Pendamping Desa mengenai mekanisme pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Kepala Desa, sedangkan data sekunder berupa teori-teori, peraturan perundang-undangan, dokumentasi dan monografi Desa serta berdasarkan al-Qur'an dan Hadits. Kemudian dianalisis dengan cara analisis kualitatif yang menghasilkan metode induktif yaitu cara berfikir dalam menarik kesimpulan secara umum dan berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme yang digunakan dalam pengambilan keputusan oleh Kepala Desa menggunakan musyawarah tingkat Dusun yang merupakan tahap awal dalam membahas berbagai permasalahan di setiap Dusun. Kemudian dilanjutkan dengan musyawarah tingkat Desa yang iimerupakan tahapan analisis alternatif- alternatif yang kemudian akan diambil hasil akhir dari analisis tersebut yaitu keputusan yang akan diambil oleh Kepala Desa terkait masalah pembangunan. Pandangan fiqh siyasah tentang mekanisme yang digunakan dalam pengambilan keputusan di Desa Rangai Tritunggal sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pengambilan keputusan dalam Islam, salah satunya dengan musyawarah yang dilakukan oleh Kepala Desa, melalui (MUSDUS) dan dilanjutkan (MUSDES). Kata Kunci: Desa, Fiqh Siyasah Dusturiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:59
Last Modified: 02 Sep 2021 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15552

Actions (login required)

View Item View Item