STRATEGI PEMASARAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MOTOR HONDA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PT Tunas Honda Pajar Bulan Lampung Barat)

RAHMAWATI, Sunirman (2021) STRATEGI PEMASARAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MOTOR HONDA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PT Tunas Honda Pajar Bulan Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat penjualan produk motor honda pada saat pandemi covid-19. Pada saat pandemi covid-19 tingkat penjualan pada PT Tunas Honda Pajar Bulan Lampung Barat menurun drastis jika dibandingkan dengan tahun selumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT Tunas Honda Berdasarkan analisis SWOT untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Tunas Honda. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dimana pengambilan sampling diambil berdasarkan pada ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang diperkirakan mempunyai sangkut paut erat dalam populasi yang sudah diketahui sebelumnya.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dihimpun secara langsung dari sumbernya dan diolah sendiri dengan peneliti yang bersangkutan untuk dimanfaatkan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menguunakan analisis SWOT merupakan alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan dan dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan dan kelemahan yang dimilikinya. Hasil analisis keseluruhan nilai IFAS total sebesar 3,64902 dan nilai EFAS sebesar 2,944715. Dalam hal ini dapat diidentifikasikan bahwa PT Tunas Honda mempunyai kekuatan yang baik dalam oprasionalnya. Hal ini dapat kita lihat dari nilai bobot Kekuatan (strengths) sebesar 3,096989, nilai bobot kelemahan (weakness) sebesar 0,552031, nilai bobot peluang (opportunities) sebesar 2,324797 dan nilai bobot ancaman (threats) sebesar 0,619919, sehingga posisi PT Tunas Honda bisa dikatakan baik, karena posisi strength dan opportunities memiliki bobot nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bobot nilai threats dan weakness. Pada pernyataan ini, PT Tunas Honda menempati posisi kuadran pertama yaitu berada pada posisi agresif. Artinya PT Tunas Honda mampu mengembangkan kekuatan yang ada dan mempertahankan peluang yang ada. Menurut analisis peneliti PT Tunas Honda sudah menerapkan pemasaran syariah karena sudah menerapkan sifat shiddiq, amanah, tabligh dan fatanah. Selain itu PT Tunas Honda juga mengedepankan prinsip ketuhanan, etis, realistis dan humananistis. Hal ini dapat dilihat dalam memasarkan produknyanya. produk yang mereka tawarkan yaitu produk yang berkondisi baik, menjelaskan spesifikasi kelebihan dan kekurangan dari produk motor honda, bersifat terbuka mengenai kondisi produk yang ditawarkan. Konsisten terhadap produk yang ditawarkan, melayani dengan baik seluruh calon konsumen tanpa membedakan ras, suku, agama, serta berkata seadanya mengenai kualitas produk tanpa melebih-lebihkan untuk menarik minat beli konsumen. Kata kunci : Covid-19, strategi pemasaran, analisis SWOT, tingkat penjualan. iiABSTRACT This research was motivated by the level of sales of Honda motorcycle products during the covid-19 pandemic. During the COVID-19 pandemic, the level of sales at PT Tunas Honda Pajar Bulan, West Lampung, decreased drastically when compared to the previous year. This study aims to determine the marketing strategy at PT Tunas Honda based on a SWOT analysis to increase sales. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. The population in this study were all employees of PT Tunas Honda. Sampling was carried out using purposive sampling where sampling was taken based on certain characteristics or traits that were estimated to have a close relationship in the previously known population. The data used in this study were primary data collected directly from the source and processed. themselves with the researchers concerned for use. The data analysis method used in this study using SWOT analysis is a tool used to compile the company's strategic factors and can clearly describe how the external opportunities and threats faced by the company can be adjusted to its strengths and weaknesses. The results of the overall analysis of the total IFAS value of 3,64902 and the EFAS value of 2,944715. In this case, it can be identified that PT Tunas Honda has good strength in its operations. It can be seen from the weight values Strength (strengths) of 3,096989, the weight values of weakness (weakness) amounted to 0,552031, the weight value opportunities (opportunities) amounted to 2,324797 and the weights threats (threats) of 0,619919, so that the position of PT Tunas Honda can be said to be good, because the position of strengths and opportunities has a higher weight value when compared to the weight ofvalues threats and weakness. In this statement, PT Tunas Honda occupies the first quadrant position, which is in an aggressive position. This means that PT Tunas Honda is able to develop existing strengths and maintain existing opportunities. According to the analysis of researchers, PT Tunas Honda has implemented a sharia marketing strategy because in its marketing it has applied the characteristics of shiddiq, amanah, tabligh and fatahah. In addition, PT Tunas Honda also puts forward the principles of divinity, ethical, realistic and humanistic. This can be seen in marketing their products. the products they offer are products that are in good condition, explain the specifications of the advantages and disadvantages of Honda motorcycle products, are open about the conditions of the products offered. Consistent with the products offered, serve well all potential consumers without discriminating against race, ethnicity, religion, and speak modestly about product quality without exaggerating to attract consumer buying interest. Keywords: Covid-19, marketing strategy, SWOT analysis, sales level.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:05
Last Modified: 02 Sep 2021 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item View Item