TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 29 TAHUN 2019 TENTANG MAJELIS TAKLIM (Studi pada Majlis Taklim di Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus)

HERNIYATI, Madroki (2021) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 29 TAHUN 2019 TENTANG MAJELIS TAKLIM (Studi pada Majlis Taklim di Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT I DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI munaqosyah HERNIYATI FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Majelis taklim adalah sebuah lembaga atau kelompok masyarakat yang mengadakan pendidikan keagamaan islam yang bersifat nonformal yang Keberadaannya di masa moderen sekarang ini menjadi solusi bagi dunia pendidikan khusunya pendidikan islam. Tidak sedikitnya majelis taklim yang ada di setiap wilayah maka perlu adanya campur tangan pemerintah dalam mengatur dan mengontrol keberadaan majelis taklim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peraturan menteri agama republik indonesia nomor 29 tahun 2019 tentang majelis taklim pada majelis taklim di kecamatan Pugung dan untuk mengetahui bagaimana pandangan fiqih siyasah terhadap pelaksanaan iperaturan menteri agama Republik Indonesia nomor 29 tahun 2019 tentang majelis pada majelis taklim di kecamatan Pugung Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskripsi dan analisis, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisa data yang didapat dari hasil penelitian kemudian peneliti memaparkan data-data tersebut dan memperoleh kesimpulan. Penelitian ini ialah penelitian yang dilakukan langsung di lapangan (field research) atau kepada responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan peraturan menteri agama republik indonesia nomor 29 tahun 2019 tentang majelis taklim pada majelis taklim di kecamatan Pugung sudah dilaksanakan namun belum sepenuhnya terlaksana, dikarnakan masih dijumpainya majelis taklim yang belum menerapkan Peraturan dan pemerintah yang belum maksimal dalam melakukan pemerataan terhadap penerapan peraturan serta belum maksimal nya memberikan solusi terhadap keterbatasan yang ada dalam penerapan Peraturan Menteri Agama Republik Indoneia Nomor 29 Tahun 2019 Tentang majelis taklim dan Pandangan fiqih siyasah terhadap pelaksanaan peraturan Menteri Agama Republik Indoneia Nomor 29 Tahun 2019 Tentang Majelis Taklim Pada Majelis Taklim Di kecamatan Pugung yaitu majelis taklim belum amanah dalam menjalankan peraturan. patuhnya rakyat kepada pemimpin adalah hal perlu untuk dilakukan sebagai wujud kerja sama yang baik guna mencapai tujuan baik di dunia maupun di akhirat. seperti yang telah Allah Ta‟ala terangkan dalam Q.S An-Nisa ayat 59 “Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan Rosul (Muhammad), dan ulil amri (pemegang kekuasaan diantara kamu”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:47
Last Modified: 02 Sep 2021 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

View Item View Item