OPTIMALISASI PENDAMPINGAN PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU (PLUT-UMKM) LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS UMKM DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Sentra Tapis Desa Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran)

RIA, WULANDARI (2021) OPTIMALISASI PENDAMPINGAN PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU (PLUT-UMKM) LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS UMKM DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Sentra Tapis Desa Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of RIA WULANDARI_1551010274.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam upaya pembangunan nasional, peran UMKM sangat penting karena merupakan roda penggerak dalam sektor ekononomi yang merupakan basis penting dalam pembangunan ekonomi dan hal inipun berkaitan dengan peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional, hal ini diaplikasikan dan diwujudkan dengan adanya lembaga PLUT-UMKM yaitu sebuah lembaga pelayanan usaha terpadu untuk melakukan pendampingan kepada usaha mikro kecil dan menengah, membantu dan mengawasi juga mendukung kegiatan usaha UMKM untuk menigkatkan produktivitas setiap pelaku usaha dan hal ini diharapkan akan menciptakan kesejahteraan untuk setiap pelaku usaha dibawah binaan PLUT-UMKM. Dalam penelitian ini permasalahan yang ingin kaji adalah bagaimana optimalisasi pendampingan PLUT-UMKM Lampung dalam meningkatkan produktivitas UMKM ditinjau secara konvensional dan juga dari perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Sentra Tapis Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana optimalisasi pemdampingan yang dlakukan oleh pihak PLUT-UMKM Lampung dan untuk mengetahui Bagaimana pandangan Ekonomi Islam tentang optimalisasi pendampingan Pusat Layanan Usaha Terpadu PLUT-KUMKM Lampung dalam meningkatakan produktivitas UMKM di Centra Tapis Desa Negeri Katon, Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan dua jenis data yaitu data sekunder dan data primer yang didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul barulah penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan deeskriptif analisis.populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 pengrajin kain tapis oleh karena itu sampel yang digunakan adalah keseluruhan pengrajin yaitu 53 pengrajin kain tapis Negeri Katon. Hasil dari penelitian ini adalah pelayanan dan pendampingan yang dilakukan oleh pihak PLUT sudah optimal diantaranya dengan melakukan dan menyediakan pelayanan seperti fasilitasi, penguatan, perlindungan dan pendukungan kepada pelaku UMKM Sentra Tapis, dan juga secara perspektif ekonomi Islam pun tidak terlepas dari iianjuran yanng dilanggar seperti sellay memegang prinsip tauhid dan persaudaraan, prinsip bekerja dan berpdroduktivitass dan juga distribusi kekyaan secara adil. Oleh sebab itu pelayanan dan pendampingan yang dilakukan PLUT sudah cukup optimal daan tidak melanggar ekonomi Islam dalam pelaksanaanya. Kata Kunci : Optimalisasi PLUT, Produktivitas, Sentra Tapis, Ekonomi Islam iiiSURAT PERNYATA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:07
Last Modified: 02 Sep 2021 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15518

Actions (login required)

View Item View Item