PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 4 SMAN 1 TANJUNG RAJA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022

SONIA, FEBRIYANTI (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 4 SMAN 1 TANJUNG RAJA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI SONIA FEBRIYANTI REVISI BARU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Operant Conditioning Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 4 Di SMA Negeri 1 Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara Thun Pelajaran 2021/ 2022. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai kemandirian belajar pada peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Semua data yang didapat merupakan bahan-bahan Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini pre experimental design dengan bentuk design one group pretest dan posttest. Sampel penelitian yang digunakan purposive sampling berjumlah 4 peserta didik yang terdiri dari kelas XI IPA 4 yang memiliki kemandirian belajar rendah. Berdasarkan analisis data diperoleh hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima dengan hasil thitung > ttabel dengan sig < 0, 05 melalui perhitungan uji t paired sampel test hasil sig (2-tailed) < 0, 05 yang menunjukan adanya perbedaan signifikan antara pretest 45, 25 dan nilai rata-rata posttest 60, 5. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik operant conditioning begitu berpengaruh terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPA 4 di SMAN 1 Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Kata Kunci: konseling kelompok, kemandirian belajar, operant conditioning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:58
Last Modified: 02 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15516

Actions (login required)

View Item View Item