UPAYA PENDIDIK MEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM P ROSES PEMBELAJARAN PADA ERA COVID 19 DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

SITI, NURJANAH (2021) UPAYA PENDIDIK MEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM P ROSES PEMBELAJARAN PADA ERA COVID 19 DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan adalah satu penunjang dalam proses pembelajaran, oleh karena itu pendidik memanfaatkan perpustakaan semaksimal mungkin sebagai sumber informasi dan sarana rekreasi edukatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar upaya pendidik dalam memanfaatkan perpustakaan selama proses pembelajaran pada era covid 19 bagi peserta didik di MIN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, untuk memperoleh keabsahan data. Penulis menggunakan teknik trigulasi dari beberapa teknik diantaranya wawancara, kuesioner angket,observasi dan dokumentasi. jumlah responden sebanyak 10. Sumber data diperoleh dari pendidik, petugas perpustakaan, peserta didik dan orang tua peserta didik. Data analisis penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sering nya pendidik datang dan berkunjung keperpustakaan untuk membaca dan meminjam buku-buku yang ada di perpustakaan, sehingga dapat dikatakan bawasanya sudah baik pendidik memanfaatkan perpustakaan dalam proses pembelajaran. Di lihat dari pelaksanaan fungsi perpustakaan di MIN 5 Bandar Lampung (edukatif, informative, rekreasi, riset, tanggung jawab administrasi) sudah terlaksana dengan baik. Indikator dari keterlaksanaan fungsi perpustakaan yang baik dapat dilihat dengan adanya cukup banyak koleksi buku di perpustakaan, sarana yang bersifat rekreasi atau hiburan, arsip atau buku yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi penelitian, layanan perpustakaan, tata tertib dan prossedur atau atauran yang sudah ada di gunakan dengan baik. Kata Kunci: Upaya Pendidik Memanfaatkan Perpustakaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:53
Last Modified: 02 Sep 2021 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15515

Actions (login required)

View Item View Item