PENGARUH PERSEPSI TERHADAP PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (E-MONEY) OVO SEBAGAI ALAT TRANSAKSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FEBI UIN RADEN INTAN LAMPUNG)

Ismi, Cahayati (2021) PENGARUH PERSEPSI TERHADAP PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (E-MONEY) OVO SEBAGAI ALAT TRANSAKSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FEBI UIN RADEN INTAN LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Ismi Cahayati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran menggeser peran uang tunai sebagai alat pembayaran ke bentuk pembayaran non tunai yang lebih efisien dan ekonomis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pengaruh persepsi mahasiswa program studi ekonomi syariah FEBI UIN RIL Angkatan 2016 terhadap penggunaan uang elektronik (e-money) OVO sebagai alat transaksi? dan Bagaimana pengaruh persepsi mahasiswa program studi ekonomi syariah FEBI UIN RIL Angkatan 2016 terhadap penggunaan OVO sebagai alat transaksi dalam perspektif Ekonomi Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai uang elektronik terhadap penggunaan OVO sebagai alat transaksi dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Ekonomi Syariah FEBI UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 75 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan dari hasil uji hipotesis dan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel persepsi mahasiswa mengenai uang elektronik penggunaan OVO sebagai alat transaksi. Penggunaan OVO sebagai alat transaksi dipengaruhi secara signifikan oleh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan persepsi resiko dan keamanan. Dalam perspektif ekonomi Islam, persepsi dan pengetahuan akan hukum muamalah akan uang elektronik yang dimiliki oleh mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung berpengaruh dan mendorong mereka untuk yakin untuk menggunakan OVO dalam transaksi keuangan dalam sehari-hari mereka. Demikian pula dalam transaksi elektronik dalam berbagai akad muamalah sebagaimana diatur dalam UU ITE ditinjau dari hukum Islam adalah boleh sesuai dengan hukum asal muamalah yaitu al-ibahah (boleh) selama tidak ada dalil yang melarangnya. Namun demikian, transaksi elektronik diperbolehkan menurut Islam selama tidak mengandung unsur-unsur yang dapat merusaknya seperti riba, penipuan, iikecurangan, pemaksaan dan yang sejenisnya serta memenuhi rukun- rukun dan syarat-syarat di dalam jual belinya. Kata kunci: Ekonomi Islam, OVO, Persepsi, Penggunaan Teknologi, Uang Elektronik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:31
Last Modified: 02 Sep 2021 02:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item View Item