KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG

AVELIA, ANGGRAENI (2021) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mutu pendidikan suatu madrasah akan baik apabila seorang pemimpin madrasah tersebut dapat mengelola semua sumber daya yang ada di madrasah tersebut dengan baik sehingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien. Maka kondisi yang demikian dapat dilihat bahwa keberhasilan suatu madrasah mencapai tujuan dan mewujudkan visi, misi madrasah tersebut kepemimpinan kepala madrasah sangatlah penting. Kepemimpinan kepala madrasah yang ideal akan membawa kebaikan dan kemajuan bagi madrasah karena selalu melakukan upaya-upaya perubahan supaya dapat mewujudkan guru dan tenaga kependidikan yang berdaya sehingga tumbuh dinamika madrasah yang diwarnai dengan pemikiran kreatif dan inovatif. Kepemimpinan transformasional merupakan salah satu pilihan bagi kepala madrasah untuk memimpin dan mengembangkan madrasah yang berkualitas dalam menjawab berbagai masalah yang dihadapi madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MIN 9 Bandar Lampung sebagai tempat melaksanakan penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun informan Dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, tenaga pendidik dan staf tata usaha. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data) dan menarik kesimpulan (Verification). Sebelum penulis menganalisis data, yang ada, data akan dikelompokkan menurut jenisnya masing-masing kemudian penulis menganalisis data dan menarik sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MIN 9 Bandar Lampung sudah sesuai dengan teori yang dibuktikan dengan sikap kepemimpinan kepala madrasah diantaranya: Mengikutsertakan guru dan staf dalam penyusunan visi, misi dan program kegiatan; Menjadi figur dominan; Membangkitkan loyalitas; Menanamkan rasa bangga, hormat serta kepercayaan; Mengembangkan kerjasama tim; Mengembangkan nilai kebersamaan, afilatif, komitmen; Membangkitkan antusias, Menciptakan suasana kerja kondusif; Kompeten memecahkan masalah; Mengevaluasi hasil kerja guru dan staf; Memperhatikan kebutuhan guru dan staf; Mengembangkan profesonalisme; Menghadiri berbagai pertemuan iii untuk mendapatkan ide baru; Memberi Penghargaan. Meskipun dalam pengembangan profesionalisme dan pemberian penghargaan kepada guru dan staf masih kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Kata Kunci : Kepala Madrasah, Kepemimpinan Transformasional ivABSTRACK The quality of education a madrasah will good if a leader madrasah the be able to manage all the resources that is in madrasah the and achieve the purpose effectively and efficiently. So such a poor condition it can be seen that the success of an islamic school to achieve the goals and vision , the school mission head leadership madrasah is very important. Head leadership madrasah ideal will bring good and progress for islamic schools because they always make efforts to change that teachers and teaching staff a defenseless and growing dynamics madrasah tinged with a creative and innovative. Transformational leadership is one of an option for the head of islamic school to lead and develop quality madrassa in answer to a variety of problems faced by madrasah. This study attempts to described leadership transformational the head of islamic schools in MIN 9 Bandar Lampung as a implement research. Research methodology used in this research was qualitative descriptive .As for informants in this research the head madrasah , teachers and staff administrative .Technique data collection in this research namely by interview , observation and documentation. In analyzing data the use writers reduction data, display and verification. Before writer analyzing data, that is, data will be classified according to its kind each then writer analyzing data and pulled a conclusion. The results of the study show that leadership and transformational head in min 9 bandar lampung is in line with theories evidenced by the islamic head leadership are: Including teachers and staffs in the preparation of vision, mission and activities; Be dominant figure; Excite loyalty; Imparting a feeling of pride , respect and trust; Develop a cooperation team; Develop value togetherness, afilatif, commitment; Excite enthusiastic; Create a work environment; Competent solve problems; Evaluate the results of teachers and staffs; Incorporate the needs of teachers and staffs; Develop profesonalisme; Attending meetings to get new ideas; Give an award. Although in professional development and give a reward to the teacher and staff not been undertaken in full. Keyword : Head of Islamic School, transformational leadership

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:57
Last Modified: 01 Sep 2021 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item View Item