PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF AL-MUNAWAROH TULANG BAWANG BARAT

ARIS, INDRA GUNAWAN (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF AL-MUNAWAROH TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIS INDRA GUNAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang terlihat berdasarkan latar belakang masalah yang ditemukan adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di MTs Ma’Arif Al-Munawaroh Tulang Bawang Barat salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah penggunaan model pebelajaran yang dirasa kurang tepat maka dari itu Penulis dalam penelitian ini untuk menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain. Rumusan pada penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VIII MTs Ma’Arif Al-Munawaroh Tulang Bawang Barat?”. Penelitian ini bertujuan untuk mempraktekkan Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII MTs Ma’Arif Al-Munawaroh Tulang Bawang Barat. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hipotesis dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah “terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs Ma’Arif Al-Munawaroh Tulang Bawang Barat”. Hipotesis tersebut dapat dibuktikan melalui hasil penelitian yaitu: hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 61,29% sedangkan yang belum tuntas 38,70%, pada siklus II mencapai ketuntasan 87,09% sedangkan yang belum tuntas 12,90%. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Predict Observe Explain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:08
Last Modified: 01 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15497

Actions (login required)

View Item View Item