PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK ANIMASI BERBANTUAN MEDIA SOSIAL

Guswita, Anggraini (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK ANIMASI BERBANTUAN MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi guswita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa video animasi pada materi Aljabar kelas VII, serta untuk menguji kelayakan dan kemenarikan di SMPN 1 Penengahan dan MTs Al-Khairiyah Agom kelas VII guna menghasilkan bahan ajar berupa video pembelajaran berbentuk animasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluation) merupakan acuan yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini. Uji kelayakan dilakukan validator ahli materi dan ahli media dengan hasil akhir rata-rata angket ahli materi sebesar 85% dengan kategori “sangat layak” dan hasil rata-rata angket ahli media sebesar 86% dengan kategor “sangat layak”. Uji kemenarikan media pembelajaran ini dilakukan kepada 10 peserta didik di dua sekolah pada uji skala kecil dengan hasil rata-rata masing-masing angket respon peserta didik sebesar 85% dan 83% dengan kriteria “sangat menarik” dan 20 peserta didik pada uji skala besar dengan hasil rata-rata yang diperoleh sebesar 87% dan 85% dengan kriteria “sangat menarik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video animasi pada materi aljabar memberikan hasil yang baik dalam kelayakan dan implementasi kemenarikannya. Kata Kunci: Video pembelajaran, Media Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:53
Last Modified: 01 Sep 2021 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15495

Actions (login required)

View Item View Item