AKTUALISASI NILAI-NILAI ETIKA JAWA PADA MASYARAKAT TRANSMIGRAN (Studi di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang)

SITI, MUZAYYANAH (2021) AKTUALISASI NILAI-NILAI ETIKA JAWA PADA MASYARAKAT TRANSMIGRAN (Studi di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (719kB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK AKTUALISASI NILAI-NILAI ETIKA JAWA PADA MASYARAKAT TRANSMIGRAN (Studi di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang) OLEH: SITI MUZAYYANAH 1731010058 Permasalahan pada zaman sekarang ini sangat erat dipengaruhi oleh adanya budaya luar dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan masyarakatnya yang mengalami banyak pergeseran-pergeseran dalam bidang, sosial kebudayaan, dan keagamaan. Sehingga menyebabkan permasalahan yang timbul seperti menurunnya etika, tidak memiliki rasa hormat terhadap orang yang lebih tua, bertutur kasar, dan pergaulan bebas. Melihat kondisi tersebut, di dalam lingkungan sosial kemasyarakatan mempunyai andil dalam membina dan membentuk perilaku generasi muda, dan lingkungan keluarga pun tak kalah pentingnya untuk membentuk karakter dan kepribadian generasi muda di zaman sekarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktualisasi nilai-nilai etika Jawa pada masyarakat transmigran. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) bagaimana nilai-nilai etika Jawa Di desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung kabupaten Tulang Bawang. (2) Bagaimana aktualisasi nilai-nilai etika Jawa pada masyarakat transmigran yang ada di desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) sedangkan metode ini menggunakan teknik pengumpulan data penelitian wawancara, observasi, dokumentasi. Dari analisis yang telah dilakukan kemudian ditarik kesimpulan berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa konkrit yang khusus, lalu ditarik kesimpulan secara umum. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa hal: Nilai-nilai etika masyarakat Jawa adalah: Di desa Tunggal Warga hal ini dapat dilihat iidalam bentuk / perwujudan menurut peneliti berdasarkan penelitian yakni sebagai berikut: Gotong Royong (ta‟awun), selamatan, Musyawarah. Aktualisasi nilai-nilai etika masyarakat transmigran asal Jawa yg dilakukan oleh sebagian masyarakat desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang yang bersuku Jawa yaitu: Sopan santun diartikan sebagai nilai-nilai yang meliputi rasa hormat, menghargai dan budi luhur. Sopan santun seseorang dapat dilihat dari perkataan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa dalam tingkah laku kehidupan sehari-hari memanifestasikan dirinya dalam berbagai bentuk komunikasi, dan terutama dalam sistem norma dan model bertutur, sikap yang dikenal sebagai etika bahasa yang dikenal dengan sebutan tutur bahasa yang sopan. Kata Kunci:Nilai-Nilai Etika, Masyarakat Jawa, Transmigran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Aqidah Filsafat
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:42
Last Modified: 01 Sep 2021 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15494

Actions (login required)

View Item View Item