IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP PENDIDIDIK DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG

ARIS, ALYO EKO SETIAWAN (2021) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP PENDIDIDIK DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIS ALYO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai supervisor kepala madrasah sangat berperan penting di setiap penerapan atau perwujudan kegiatan yang dilakukan di madrasah, karena seorang supervisor bisa membentuk suatu karakteristik, kapasitas tenaga pendidik guna mengkoordinasi dan membimbing secara berkelanjutan pertumbuhan dan perkembangan kemampuan yang dimiliki para tenaga pendidik baik secara individual maupun kolektif. Sebagai supervisor kepala madrasah berperan menopang para tenaga pendidik untuk mempersiapkan rancangan program supervisi pendidikan, mensupervisi para tenaga pendidik dengan menggunakan teknik pendekatan dan teknik supervisi yang benar kemudian mengevaluasi hasil supervisi pendidikan. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi supervisi kepala madrasah terhadap pendidik di MA Mathla’ul Anwar Bandar Lampung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara akurat, sistematis dan factual sifat-sifat, fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang kita bahas. Kemudian penulis menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dan sebagai subjeknya ialah kepala madrasah dan tenaga pendidik, lalu dianalisis menggunakan analisis data. Kemudian penulis dapat menyimpulkan dari penelitian yang penulis laksanakan bahwasanya kepala madrasah sudah melaksanakan supervisi terhadap pendidik sesuai dengan indicator keberhasilan. Seperti Membimbing pendidik memilih metode mengajar, Mengarahkan pendidik memilih bahan ajar, Mengadakan kunjungan kelas, mengarahkan penyusunan silabus pada ajaran baru, Menyelenggarakan rapat rutin untuk evaluasi, menyelenggarakan penilaian bersama di akhir pelajaran, tetapi terdapat beberapa point sub indicator yang ada di indicator tersebut yang belum terlaksana dengan maksimal, seperti menentukan metode apa yang akan di pakai pendidik dan memberikan bantuan terhadap penguasaan materi, karena pada dasarnya kepala madrasah hanya membimbing dan mengarahkan. Kata Kunci: Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:06
Last Modified: 30 Aug 2021 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item