HUBUNGAN LITERASI LINGKUNGAN DAN LITERASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTER SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

MIA, JUSEVA (2021) HUBUNGAN LITERASI LINGKUNGAN DAN LITERASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTER SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan literasi lingkungan terhadap kemampuan computer self efficacy peserta didik, hubungan literasi matematis terhadap kemampuan computer self efficacy peserta didik, serta hubungan literasi lingkungan dan literasi matematis terhadap kemampuan computer self efficacy peserta didik. Rendahnya kemampuan literasi lingkungan dan literasi matematis menjadikan peserta didik kurang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar dan juga pengoptimalan dalam merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks yang dimiliki peserta didik masih kurang. Hal ini diimbangi dengan kemajuan teknologi computer membawa dampak positif terhadap pendidikan, oleh sebab itu kemampuan computer self efficacy sangat perlu ditingkatkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian asosiatif (hubungan) dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTs. Negeri 2 Tanggamus, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan keseluruhan sampel berjumlah 72 orang peserta didik. Data yang digunakan, diperoleh dari tes untuk mengukur literasi lingkungan dan literasi matematis serta pemberian angket untuk mengukur kemampuan computer self efficacy peserta didik. Perhitungan yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan program komputer SPSS versi 26.0. Pengujian Hipotesis berdasarkan hasil uji T, dengan taraf signifikansi memperoleh (1) sehingga ditolak dan diterima artinya terdapat hubungan antara literasi lingkungan terhadap kemampuan computer self efficacy; (2) sehingga ditolak dan diterima artinya terdapat hubungan antara literasi matematis terhadap kemampuan computer self efficacy; serta berdasarkan hasil uji F dengan taraf signifikansi memperoleh (3) sehingga ditolak dan diterima artinya iiterdapat hubungan antara literasi lingkungan dan literasi matematis terhadap kemampuan computer self efficacy. Kata kunci: literasi lingkungan, literasi matematis dan computer self efficacy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:17
Last Modified: 30 Aug 2021 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15488

Actions (login required)

View Item View Item