PERAN WANITA HINDU SEBAGAI PENCARI NAFKAH (Studi Pada Pekerja Penyadap Karet Di Desa Cimangguk A Ujung Gunung Ilir Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang)

Bella, Asrida (2021) PERAN WANITA HINDU SEBAGAI PENCARI NAFKAH (Studi Pada Pekerja Penyadap Karet Di Desa Cimangguk A Ujung Gunung Ilir Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of BELLA ASRIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peran wanita dalam keluarga pada umumnya di zaman modern semakin berkembang, wanita bukan lagi segmentasi sosial yang tertindas kemerdekaannya. Melainkan melakukan peran-peran sosial dalam skla yang luas. Potret wanita Hindu sebagai pencari nafkah penyadap karet di Desa Cimangguk A memiliki peran yang signifikan di dalam ekonomi sebagai penyadap karet dan berkontribusi pada tegaknya ekonomi keluarga, maka peneliti tertarik untuk mengkaji seberapa jauh peran ekonomi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi dan pendekatan teologi, prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran wanita Hindu sebagai pencari nafkah pada pekerja penyadap karet di Desa Cimangguk A Ujung Gunung Ilir Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang? Faktor Apa yang menyebabkan wanita Hindu mencari nafkah pada pekerja penyadap karet di Desa Cimangguk A Ujung Gunung Ilir Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran wanita Hindu sebagai pencari nafkah pada pekerja penyadap karet dan Faktor yang menyebabkan wanita Hindu mencari nafkah pada pekerja penyadap karet di Desa Cimangguk A Ujung Gunung Ilir Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran wanita Hindu sebagai pencari nafkah pada pekerja penyadap karet mereka bekerja mencari nafkah untuk membantu suami menambah penghasilan keluarga, selain itu wanita Hindu juga menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga yang mempunyai peran yaitu mengurus anak, memasak, mengurus suami, dan pekerjaan lainnya. Faktor-faktor yang menyebabkan wanita Hindu sebagai pencari nafkah pada pekerja penyadap karet karena adanya faktor rendahnya penghasilan suami,ditabung untuk keperluan darurat seperti sakit keras, hiburan keluarga, hajatan keluarga dan lain-lain, tingginya tingkat kebutuhan hidup, untuk biaya keperluan upacara keagamaan, besarnya tanggungan anak dan biaya pendidikan, adanya dorongan dari diri untuk meningkatkan status sosial dan adanya keinginan wanita meringankan beban suami. Kata Kunci : Wanita Hindu, Penyadap Karet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:45
Last Modified: 30 Aug 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15486

Actions (login required)

View Item View Item