PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN METEMATIKA

AWAN, KURNIAWAN (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN METEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of AWAN KURNIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ledakanpteknologi di abad ke dua puluh satu berdampak cepat. serta memberikan ruang menarik terhadap perkembangan di seluruh sektor kehidupan. Pesatnya perkembanganateknologi mendorong manusia menggunakan teknoligi untuk berkembang. Salah satu implementasi teknologi dalam bidang pendidikan adalah realisasi pembelajaran dengan pengunaan ICT (Information Communication and Technology) membuat dan mengembangkan media, metode dan materi pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, respon peserta didik dan pendidik, kemenarikan multimedia pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire terhadap minat peserta didik pada pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini, prosedur yang digunakan mengacu pada desain pengembangan dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pemilihan model pengembangan ini didasarkan pada alasan bahwa tahapan-tahapan dasar desain pengembangan ADDIE sederhana, mudah dipelajari, simpel serta lebih mudah dipraktikan dalam pengembangan media pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada empat orang ahli (dua orang ahli materi dan dua orang ahli media) dilibatkan untuk menilai kelayakan media, 20 peserta didik uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dihasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire SMP/MTs. (dikaji pertahap seperti apa, kaji secara ringkas); Menurut ahli materi, media, informatika, produk media pembelajaran berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire sangat layak digunakan untuk pembelajaran di sekolah; Produk media pembelajaran mendapat respon sangat menarik dan minat belajar peserta didik bertambah baik dari sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Lingkaran, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Lectora Inspire, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:55
Last Modified: 26 Aug 2021 04:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15481

Actions (login required)

View Item View Item