PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 1 NATAR LAMPUNG SELATAN

AYU, FAJRIANI MUHIDIN (2021) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 1 NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (1MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Natar. Google Classroom merupakan media belajar yang belum dimanfaatkan dalam pembelajaran daring selama pandemi di SMPN 1 Natar. Sekolah tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media belajar selama pembelajaran daring. Berdasarkan dari hasil pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SMPN 1 Natar kelas VIII untuk hasil belajar kognitif peserta didik tergolong rendah yaitu di mana peserta didik yang mencapai KKM (nilai ≥ 75) dari 337 peserta didik yang mencapai kkm sebanyak 141 peserta didik. Hal ini dilatar belakangi oleh media belajar daring yang kurang tepat. Mengakibatkan peserta didik bingung dan tidak paham dengan materi yang disampaikan oleh pendidik. Peneliti tertarik untuk menerapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksprimen desain dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes objektif dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil hitung independent sampel T-test menghasilkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 78,32 dan kelas kontrol sebesar 66,97, memperoleh thitung > ttabel (4,412 > 2,042) atau nilai Sig < α yaitu 0,000 < 0,005 , diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIIA SMPN 1 Natar Lampung Selatan. Kata kunci : Google Classroom, WhatsApp, hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:16
Last Modified: 26 Aug 2021 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15476

Actions (login required)

View Item View Item