PENGARUH MODEL ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

NETI, MISTASARI (2021) PENGARUH MODEL ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi nety.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Abstrak PENGARUH MODEL ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh Neti Mistasari Pendidikan yang baik akan menciptakan generasi yang baik sehingga kehidupan bangsa dan negara akan menjadi lebih baik. Beradasarkan hasil observasi berupa tes kemampuan penalaran matematis peserta didik menunjukkan bahwa tingkat kemampuan penalaran peserta didik masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model rotating trio exchange (RTE) terhadap kemampuan penalaran matematis, mengetahui pengaruh agay belajar terhadap kemampuan penalaran matematis, dan untuk mengetahui interaksi antara model dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaaran matematis. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis quais eksperiment desig. Populasi dalam penelitian ini adalah pesrta didik kelas VIII MTS Al-Islah Suka Maju. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model Rotating trio exchange (RTE) dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol menggunkan metpde konvensional. Teknik mangambil sampel acak kelas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan ANOVA dua jalan dengan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komparansi ganda dengan metode Scheffe”. Berdasarkan hasil penelitian, diproleh beberapa kesimpulan. Pertama, Terdapat pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik diproleh H0 ditolak dengan Fhitung = 4,4252 dan Ftabel = 4,092. kedua Terdapat pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis H0 ditolak dengan Fhitung 2,20626 dan Ftabel = 2,1682. ketiga, Tidak terdapat interaksi antara perlakuan pembelajaran dengan kategori gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis H0 diterima dengan Fhitung = 2,1983 dan Ftabel = 3,1682. Kata kunci : Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) , Kemampuan Penalaran Matematis , Gaya Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:49
Last Modified: 26 Aug 2021 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15471

Actions (login required)

View Item View Item