PENERAPAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B PAUD KARTINI JATI MULYO LAMPUNG SELATAN

Cahya, Utia Dewi (2021) PENERAPAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B PAUD KARTINI JATI MULYO LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  CAHYA UTIA DEWI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Media Tangram adalah suatu permainan yang berasal dari china berbentuk puzzle dua dimensi memiliki berbagai warna yang terdiri dari tujuh keping bentuk bangun datar (Bohning dan Athouse), tujuh keping bentuk bangun datar yang terdiri dari lima buah segitiga, satu buah persegi dan satu buah jajar jenjang. Ketujuh bangun datar tersebut pada awalnya membentuk sebuah persegi. Dalam permainan ini ketujuh kepingan tanpa tumpang tindih disusun dan di tempel sehingga dapat membentuk berbagai pola seperti gambar hewan, rumah, dan sebagainya. Teknik pengumpulan data awal yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan wawancara dan observasi, dokumentasi kelas kelompok B2, dengan permasalahan masih rendahya kemampuan kognitf anak didik dengan mengenal bentuk geometri melalui media tangram pada Pra Tindakan anak belum berhasil sesuai dengan indickator pencapaian dengan presentase 10% jumlah 19 anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) , dengan penelitian terdiri dari dua siklus Siklus I dan Siklus II, penelitian ini terdapat 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kegiatan ini dilaksanakan satu siklus 3 kali pertemuan dalam satu minggu dan siklus kedua sama saja dilaksankan 3 kali pertemuan dalam satu seminggu pada kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian peserta didik kelompok B2 PAUD Kartini Jati Mulyo Lampung Selatan dengan jumlah ppeserta didik 19 anak yang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini melalui media tangram dalam mengenal bentuk geometri anak Kelompok B PAUD Kartini Jati Mulyo Lampung Selatan. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh sangatmeningkat dengan baik dalam kegiatan pembelajaran anak didik bahwa peneliti berhasil menghasilkan produk berupa media tangram untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. Pada Siklus I dengan hasil nilai rata- rata1.080 dengan presentase 30%, dan Siklus II dengan hasil nilai rata-rata 1.415 dengan presentase 80%. Bahwa peneliti dapat simpulkan ada sangat meningkat dalam penggunaan media tangram untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak . Kata kunci : Perkembangan Kognitif, Media Tangram iABSTRACT Tangram media is a game originating from China in the form of a two-dimensional puzzle that has various colors consisting of seven pieces of flat shapes (Bohning and Athouse), seven pieces of flat shapes consisting of five triangles, one square and one row of ladders. . The seven flat shapes initially form a square. In this game, the seven pieces without overlapping are arranged and pasted so that they can form various patterns such as pictures of animals, houses, and so on. The initial data collection techniques used by the researchers were interviews and observations, group B2 class documentation, with the problem being that students' cognitive abilities were still low by recognizing geometric shapes through tangram media in Pre-Action. The children had not succeeded in accordance with the achievement indicators with a percentage of 10% total 19 child. research is a Classroom Action Research (CAR), with research consisting of two cycles Cycle I and Cycle II, this research has 4 stages, namely, planning, implementation, observation and reflection. This activity is carried out in one cycle of 3 meetings in one week and the second cycle is the same as 3 meetings in one week on learning activities. The research subjects were students of the B2 PAUD Kartini Jati Mulyo group, South Lampung with a total of 19 students consisting of 10 boys and 9 girls. While the object of this research is to improve the cognitive development of early childhood through tangram media in recognizing the geometric shapes of children in Group B of PAUD Kartini Jati Mulyo, South Lampung. Based on the results of the research obtained, it was very well improved in the learning activities of students that researchers succeeded in producing products in the form of tangram media to improve children's cognitive development. In Cycle I with an average value of 1,080 with a percentage of 30%, and Cycle II with an average value of 1,415 with a percentage of 80%. That researchers can conclude there is a huge increase in the use of tangram media to enhance children's cognitive development. Keywords: Cognitive Development, Tangram Media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:17
Last Modified: 26 Aug 2021 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item View Item