PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE GEOMETRI UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD KARTINI II JATIMULYO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

YUNIKA, APRILIAH (2021) PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE GEOMETRI UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD KARTINI II JATIMULYO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YUNIKA APRILIAH 1711070039.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi masalah oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok B2 PAUD Kartini II Jati Mulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Siswa yang di katakan tuntas dalam mengenal bentuk geometri belum ada (0%). Masalah yang akan di teliti yakni, tentang Penerapan Permainan Puzzle Geometri dan Mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri setelah di terapkan Permainan Puzzle Geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan Puzzle Geometri dalam mengembangkan kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Penerapan Permaiann Puzzle Geoemtri dan menghasilkan bahan ajar berupa media permainan puzzle geometri yang layak di gunakan sebagai penunjang bahan ajar pendidik di PAUD Kartini II Jati Mulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Metode yang digunakan yakni classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model Kemis dan Tanggart yang terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I, siklus II. Penelitian ini terdapat 4 tahapan 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Satu siklus di laksanakan selama 3 hari atau 3 kali pertemuan. Subjek anak kelompok B Paud Kartini II Jati Mulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan yang berjumlah 18 anak. Objek permainan puzzle geometri dapat mengembangkan kognitif anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menghasilkan produk berupa media puzzle geometri yang di hasilkan dalam penelitian mengembangkan ini layak di gunakan sebagai penujang bahan ajar. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa 57,5 dengan persentase 37,5%, pada siklus II nilai rata-rata siswa 74,16 dengan persentase 93,75% hal itu dapat di simpulkan bahwasannya penerapan permainan puzzle geometri dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini. Kata kunci:Permainan Puzzle Geometri, Perkembangan Kognitif Anak ABSTRACT This research is motivated by the low ability to recognize geometric shapes in the B2 group of PAUD Kartini II Jati Mulyo, Jati Agung District, South Lampung. Students who are said to be complete in recognizing geometric shapes do not yet exist (0%). The problem that will be examined is, about the application of the Geometry Puzzle Game and developing the ability to recognize geometric shapes after the Geometry Puzzle Game is applied. This study aims to determine the application of Geometry Puzzle games in developing the ability to recognize geometric shapes through the application of geometric puzzle games and produce teaching materials in the form of geometric puzzle game media that are suitable for use as supporting teaching materials for educators at PAUD Kartini II Jati Mulyo, Jati Agung District, South Lampung. The method used is Classroom Action Research (CAR), with the Kemis and Tanggart model consisting of four stages, namely, planning, implementation, observation and reflection. This research consists of two cycles, cycle I, cycle II. This research has 4 stages: 1) planning, 2) implementation, 3) observation, 4) reflection. One cycle is carried out for 3 days or 3 meetings. The subject of group B children at Paud Kartini II Jati Mulyo, Jati Agung District, South Lampung, totaling 18 children. Geometry puzzle game objects can develop early childhood cognitive. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, performance appraisal, and documentation. The results showed that producing a product in the form of a geometric puzzle media that was produced in this developing research was feasible to be used as a support for teaching materials. In cycle 1 the average value of students is 57.5 with a percentage of 37.5%, in cycle II the average value of students is 74.16 with a percentage of 93.75% it can be concluded that the application of geometry puzzle games can develop the ability to recognize shapes. early childhood geometry. Keywords:Geometry Puzzle Game, Children's Cognitive Developmen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:09
Last Modified: 25 Aug 2021 06:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15458

Actions (login required)

View Item View Item