PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMAN 1 SRAGI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Laila, Setiani (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMAN 1 SRAGI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of sekripsi laila setiani 1711010075 pendidikan agama islam.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Superitem dan model pembelajaran Teacher Centered Learning terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 1 Sragi Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu sebuah metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat statistik. Dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen Desaign, desain ini memiliki kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Bentuk design yang digunakan pada penelitisn ini Nonequevalen Control Group Design, design ini dilakukan dengan memberikan perlakuan berbeda terhadap dua kelompok siswa dimana kelompok tersebut kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara acak. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yaitu teknik sampling dimana peneliti membentuk beberapa Cluster dari hasil penyeleksian sebagai individu yang menjadi bagian dari sebuah populasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi dan tes. Wawancara dilakukan kepada guru mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMAN 1 Sragi Kabupaten Lampung Selatan, selanjutnya dokumentasi hasil ulangan harian peserta didik kelas XI dan tes, tes menggunakan soal esai pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan materi prinsip prinsip dan peraktek ekonomi islam. Hasil penelitian dari analisis uji t (independent-samples T test) menunjukan nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan signifikat antara model pembelajaran Superitem dan model pembelajaran Teacher Centered Learning terhadap hasil belajar PAI. Dimana hasil belajar model pembelajaran Superitem memiliki nilai rata rata sebesar 80.00 dengan katagori tinggi dan untuk model pembelajaran Teacher Centered Learnig mendapatkan nilai rata rata 47,94 dengan kata gori rendah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Superitem, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Ranah Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 05:38
Last Modified: 25 Aug 2021 05:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15454

Actions (login required)

View Item View Item