MUTI, FATHIA (2021) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA DARING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA DARING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERT DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Pelaksanaan bimbingan belajar melalui pembelajaran daring merupakan sebuah kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung selama pembelajaran jarak jauh. Kegiatan ini dilaksanakan didasari oleh kerjasama antara guru bimbingan konseling dan guru kelas yang memperoleh adanya peserta didik kelas VII yang selalu tidak hadir serta tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru hal ini disebabkan rendahnya motivasi belajar yang dimiliki peserta didik sejak pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar melalui pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terhimpun penulis melakukan analisis data dengan menggunakan metode kualitatif deskriftif. Untuk menarik kesimpulan dari data yang terkumpul penulis menggunakan teknik tringulasi sumber data untuk menggabungkan dan mencocokkan dari metode pengumpulan data yang digunakan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa analisis pelaksanaan bimbingan belajar melalui pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik melalui beberapa tahapan yaitu: Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tindak lanjut. Hasilnya motivasi belajar peserta didik kelas VII sudah mengalami peningkatan setelah diberlakukannya pelaksanaan bimbingan belajar melalui pembelajaran daring hasil ini dilihat dari absensi, buku catatan kasus serta meningkatnya jumlah respon pembelajaran daring dari 20 peserta didik menjadi 27 peserta didik. Kata kunci: Bimbingan Belajar, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 05:33 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 05:33 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15453 |
Actions (login required)
View Item |