PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI LITERASI AL-QUR’AN

YOVI, IMEYSA (2021) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI LITERASI AL-QUR’AN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran matematika perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbedaan kemampuan pemahan konsep matematis peserta didik yang memperoleh pendekatan pembelajaran STEM dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pendekatan konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matemtis yang ditinjau dari literasi Al-Qur’an peserta didik tinggi, sedang dan rendah, mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajran dan literasi Al-Qur’an peserta didik terhadap kemampuan pemahamn konsep matemtis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep dan angket literasi Al-Qur’an. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji Anova Dua Jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran STEM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi Bangun Ruang Sisi Datar, tidak terdapat pengaruh literasi Al-Qur’an terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi Bangun Ruang Sisi Datar, tidak terdapat interaksi antara perlakuan pendekatan pembelajaran STEM dengan kategori literasi Al-Qur’an terhdap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Peneliti mengharapkan pada peneliti selanjutnya yang ingin mengukur kemampuan pemahamn konsep matematis, hendaknya memilih pembelajaran STEM agar pembelajaran lebih efektif dalam mengujur kemampuan pemahamn konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: STEM, Pemahaman Konsep Matematis, Literasi Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:46
Last Modified: 25 Aug 2021 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15447

Actions (login required)

View Item View Item