PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN FLIP BUILDER BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI CAHAYA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MI/SD

YULIA, SABITA (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN FLIP BUILDER BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI CAHAYA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MI/SD. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 & 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULIA SABITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan E-Modul dengan Flip Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Cahaya Pembelajaran IPA Kelas V MI/SD dan Bagaimana Kevalidan E-Modul serta respon peserta didik terhadap Pengembangan E-Modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pengembangan Pengembangan E-Modul dengan Flip Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Cahaya Pembelajaran IPA Kelas V MI/SD, kevalidan E-Modul menurut para ahli serta respon peserta didik terhadap Pengembangan E-Modul dengan Flip Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Cahaya Pembelajaran IPA Kelas V MI/SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development menggunakan model penelitian RnD Borg and Gall yang telah dimodifikasi Sugiyono dengan tujuh tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VB SDN 02 Tanjung Baru 22 peserta didik, kelas V MI Miftahul Anwar Gunung Baru 25 peserta didik dan SDN 03 Tanjung Baru 27 peserta didik. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk menurut ahli materi yaitu 90,16%, menurut ahli media yaitu 78,08%, menurut ahli bahasa yaitu 85,83%. Hasil respon peserta didik pada uji lapangan terbatas yaitu 92,33%, 91,33%, 90,66% pada uji lapangan lebih luas yaitu 91,56%, 82,39%, 90,12%. Demikian e-modul dengan Flip Builder berbasis KPS pada materi cahaya pembelajaran IPA kelas V MI/SD sudah layak digunakan dan respon kemenarikan peserta didik terhadap media e-modul berada pada skala sangat menarik. Kata Kunci : E-modul, IPA, Respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:36
Last Modified: 25 Aug 2021 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15445

Actions (login required)

View Item View Item