EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK

NUR, KHOMARIA (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR KHOMARIA fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CORE, dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran CORE adalah model yang berpusat pada peserta didik. Model pembelajaran CORE memiliki 4 tahap pembelajaran yaitu connecting, organizing, reflecting, dan extending. Model pembelajaran konvensional merupakan metode pembelajaran tradisional atau disebut juga metode ceramah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasy experimental research). Populasinya merupakan siswa kelas VIII di SMP Al Huda Jati Agung Lampung Selatan. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VIII A2 dan kelas VIII A3. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman konsep matematis dengan materi pembelajaran Relasi dan Fungsi. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen tes pemahaman konsep matematis terlebih dahulu diujicobakan. Uji hipotesis dengan menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komporasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis dari penelitian diperoleh peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CORE memiliki pemahaman konsep matematis lebih baik dibandingkan peserta didik yang diberikan model pembelajaran konvensional. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-confidence terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran CORE lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: CORE; Pemahaman Konsep Matematis; Self-Confidence

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:16
Last Modified: 25 Aug 2021 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15440

Actions (login required)

View Item View Item