PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN ANXIETY PESERTA DIDIK

ANNISA, NUR KHOLIFAH (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN ANXIETY PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of 01. Sekripsi Annisa Nur Kholifah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN ANXIETY PESERTA DIDIK Oleh : Annisa Nur Kholifah ABSTRAK Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan diantaranya adalah dengan memperbaiki sistem pendidikan pada saat proses pembelajaran. Selama ini pendidikan cenderung menggunakan metode ceramah tanpa memvariasikan metode lain dalam proses pembelajaran apalagi ditengah pandemic pada saat ini variasi metode sanggat dibutuhkan agar peserta didik tetap semangat belajar walau ditengah pandemi. Salah satu metode yang dikembangkan pada saat ini adalah metode hypnoteaching yang dapat mengatasi masalah yang dialami pendidik pada saat proses pembelajaran karena pada metode pembelajaran ini dapat kita terapkan dengan fleksibel berbagai model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika dan anxiety peserta didik. Selain itu diungkapkan pula interaksi antara faktor pembelajaran dengan faktor pengetahuan awal peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Berbagai model pembelajaran di terapkan mulai dari media virtual Zoom, grup whatsaap, Google Class Room, video pembelajaran. Desai penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, pada penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelompok eksperimen dengan pengunaan metode hypnoteaching dan kelas kontrol dengan menggunakan metode daring melalui aplikasi google class room. Upaya untuk mendapatkan data hasil penelitian menggunakan intrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket anxiety. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Analisis data penelitian dilakukan terhadap data N-Gain ternormalisasi kemampuan berpikir kreatif iimatematis dengan menggunakan uji MANOVA, data anxiety antara kedua kelompok sampel menggunakan nilai gain ternormalisasi yang diperoleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh pemebelajaran hypnoteaching pada hal ini dibantu dengan aplikasi zoom, grup whatsaap, dan google class room secara statistik lebih baik dari pada peserta didik yang memperoleh pembelajaran metode daring yang hanya melalui aplikasi google class room saja. Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah pada peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran hypnoteaching. Terhadap interaksi antara faktor pembelajaran dengan faktor pengetahuan awal peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil skor N-Gain anxiety peserta didik menunjukan bahwa metode hypnoteaching lebih baik dibandingkan metode konvensional dalam mengatasi tingkat anxiety (kecemasan) yang dialami peserta didik. Kata kunci : Metode Pembelajaran Hypnoteaching , Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, dan Anxiety.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:02
Last Modified: 25 Aug 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15439

Actions (login required)

View Item View Item