PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMPN 1 TULANG BAWANG UDIK

ALVIA, SUCI INDRIANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMPN 1 TULANG BAWANG UDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (800kB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Tulang Bawang Udik. Dalam rangka mengatasi hal tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu model pembelajaran generative learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran generative learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Tulang Bawang Udik. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran generative learning dan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Tulang Bawang Udik yang berjumlah 201 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik simple random sampling, yang artinya sampel dipilih secara acak. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengujian instrument dan teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS Versi 22. Analisis data menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil analisis uji hipotesis atau Uji-t didapatkan nilai sig. 0,00 < 0,05. Dengan demikian bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran generative learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Tulang Bawang Udik. Kata Kunci : Generative Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:10
Last Modified: 25 Aug 2021 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item View Item