NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU MA’ARIFUL AULIA KARYA MUHAMMAD KHALID TSABIT DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Yuda, Gusmada (2021) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU MA’ARIFUL AULIA KARYA MUHAMMAD KHALID TSABIT DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BABA I DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsii yuda gusmada.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Karakter adalah jati diri yang melekat dalam diri seseorang. Banyak sekali sarana yang dapat menumbuhkan karakter salah satunya yaitu melalui sebuah buku. Buku dapat menjadi salah salah satu sarana dalam menumbuhkan karakter seseorang, salah satunya apabila buku tersebut dapat memberikan umpan balik yang baik terhadap kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehingga dapat menjadi pelajaran ataupun dipraktikan kembali oleh seseorang dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku Ma‟ariful Aulia karya Muhammad Khalid Tsabit dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai karakter dalam buku Ma‟ariful Aulia karya Muhammad Khalid Tsabit terhadap pendidikan Islam. Manfaat penelitian ini adalah memberikan pemahaman kepada pembaca akan pentingnya pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Research dengan metode pengumpulan data metode dokumentasi dan teknik analisis data Content Analysis. Dalam penelitian ini obyek berupa nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku Ma‟ariful Aulia karya Muhammad Khalid Tsabit, dimana kegiatan peneliti ialah membaca teks buku Ma‟ariful Aulia karya Muhammad Khalid Tsabit dan peneliti membaca, mengenali, mengidentifikasi satuan-satuan tutur yang merupakan penanda dalam gagasan-gagasan dan pokok pikiran hingga menjadi sebuah keutuhan makna dan menemukan nilai-nilai karakter tersebut. Hasil temuan dari penelitian ini ialah menjelaskan bahwasannya di dalam buku Ma‟ariful Aulia terdapat 4 nilai karakter yang menjadi bahasan fokus peneliti, yaitu Nilai karakter Religius, Nilai karakter Rendah Hati, Nilai karakter Pantang Menyerah dan Nilai karakter Rasa Ingin Tahu. Nilai karakter yang terdapat di dalam buku Ma‟ariful Aulia ialah nilai karakter Religius (Meyakini bahwa segala sesuatu sudah memiliki ketetapan), Rendah Hati (Jangan menganggap orang lain lebih rendah dan mengganggap diri lebih baik), Pantang menyerah (Jangan berputus asa walapun kegagalan sering terjadi), dan Rasa ingin tahu (Jangan terlalu cepat mengambil pemahaman terhadap iisesuatu yang tidak diketahui). Adapun relevansinya komponen pendidikan Islam, yaitu tujuan pendidikan Islam dan pendidik. Relevansi antara keduanya dikarenakan kisah dan nasihat yang terdapat dalam buku ini dapat menjadi sarana dalam pembentukan karakter (religius, rendah hati, pantang menyerah dan rasa ingin tahu) karena peristiwa yang terdapat dalam kisah tersebut dapat memberikan pelajaran atau sikap yang baik dalam menghadapi suatu kejadian. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan Islam yaitu untuk membentuk manusia yang Insan Kamil. Pembentukan tersebut dapat melalui kisah-kisah atau nasihat yang terdapat dalam buku ini. Selanjutnya bagi pendidik (khususnya guru Pendidikan Agama Islam), kisah-kisah yang terdapat dalam buku ini dapat menjadi referensi tambahan bagi materi-materi tertentu sebagai kontekstualisasi terhadap materi yang telah disampaikan. Kata Kunci: Nilai-nilai karakter, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2021 06:19
Last Modified: 23 Aug 2021 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15410

Actions (login required)

View Item View Item