PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI RA HIDAYATUTTHULLAB LAMPUNG SELATAN

IDA, MUAMALAH (2021) PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI RA HIDAYATUTTHULLAB LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (647kB)
[thumbnail of skripsi full ida.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam mengajarkan membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini merupakan tantangan yang sangat berat. Salah satu kurangnya perkembangan bahasa yakni membaca huruf hijaiyah yang terjadi di lapangan pada RA Hidayatutthullab Lampung Selatan adalah Kurangnya kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah, hal ini dikarenakan kurangnya media dalam pembelajaran yang bervariasi dan Penerapan media pembelajaran yang masih kurang baik sehingga peserta didik tidak bersemangat dan tidak aktif saat pembelajaran berlangsung. Untuk merangsang stimulus anak maka dibutuhkan media yang menarik bagi anak usia dini. Salah satu media untuk meningkatkan kemampuan mengenalkan huruf hijaiyah yaitu media flashcard. Untuk menyikapi Selatan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah di RA Hidayatutthullab Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperiment dengan designposttest only control design.Dalam desain penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen.Populasi yang digunakan dalam penilitian ini adalah seluruh siswa RA Hidayatutthullab Lampung Selatan.sedangkan sample dalam penelitian ini yaitu pada kelas B1 dan B2 dengan pengambilan random sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 20.Analisis dalam uji prasyarat untuk menghitung uji normalitas data yaitu menggunakan uji Shapiro wilk, sedangkan untuk uji homogenitas menggunakan uji lavena statistik, untuk uji t menggunakan independent sample t test. Berdasarkan hasil perhitungan dengan bantuan program SPSS 20 menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh thitung 3.235 lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 2,040 (3,235 > 2,040) dengan sig.(2tailed) sebesar 0,003 dimana (0,003 < 0,05) dengan taraf kepercayaan 95% signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah di RA Hidayatutthullab Lampung Selatan. Kata Kunci :MediaFlashcard, Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2021 05:46
Last Modified: 23 Aug 2021 05:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item View Item