ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA TULANG BAWANG NO. 0262/Pdt.G/2019/PA.Tlb TENTANG IZIN POLIGAMI KARENA SUAMI INGIN MEMPUNYAI ANAK LAKI-LAKI

WIRA, PUTRI (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA TULANG BAWANG NO. 0262/Pdt.G/2019/PA.Tlb TENTANG IZIN POLIGAMI KARENA SUAMI INGIN MEMPUNYAI ANAK LAKI-LAKI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Poligami merupakan perkawinan seorang suami dengan lebih dari seorang istri dengan waktu yang bersamaan.Dalam putusan Pengadilan Agama Tulang Bawang perkara No.0262/Pdt.G/2019/PA.Tlb. Hakim mengabulkan permohonan pemohon dengan memberi izin kepada pemohon untuk izin poligami terhadap termohon dengan salah satu alasan karena suami (pemohon) ingin mempunyai anak laki-laki. Berdasarkan uraian di atas, terdapat permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pertimbangan dalam hakim hukum putusan No.0262/Pdt.G/2019/PA.Tlb tentang izin poligami karena suami ingin mempunyai anak laki-laki dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap putusan hakim tentang izin poligami karena suami ingin mempunyai anak laki-laki. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertimbangan hukum hakim dalam putusan hakim Pengadilan Agama pada perkara No. 0262/Pdt.G/2019/PA.Tlb tentang izin poligami karena suami ingin mempunyai anak laki-laki dan untuk mengetahui analisis hukum Islam terhadap putusan hakim tentang izin poligami karena suami ingin mempunyai anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library reseacrh). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang bersumber dari putusan perkara No.0262/Pdt.G/2019/PA.Tlb. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisa data yang didapat, penelitian ini berkesimpulan bahwa dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara No. 0262/Pdt.G/2019/PA.Tlb memang merupakan pertimbangan dasar yang terkait dengan permasalahan poligami. Akan tetapi secara substansi berkaitan dengan perkara izin poligami tersebut, dasar pertimbangan hakim menjadi lemah karena suami ingin mempunyai anak laki-laki tidak sesuai dengan Pasal 4 ayat (2) dan Pasal 57 Kompilasi Hukum Islam yakni Pengadilan Agama hanya memberikan izin pada seorang yang beristri lebih dari seorang apabila: (1) Istri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai isteri, (2) Istri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan, (3) Istri tidak dapat melahirkan keturunan. Berdasarkan hukum Islam, putusan yang ditetapkan oleh Majelis Hakim sudah memiliki kesesuaian dengan konteks kaidah hukum Islam dan hasil hukumnya dapat dilaksanakan dengan alasan bahwa suami mampu berbuat adil terhadap istri-istrinya hal ini merujuk pada Al-Quran Surat An-Nisa‟ Ayat 3. Kata Kunci: Hukum Islam, Poligami, Putusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:34
Last Modified: 23 Aug 2021 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15389

Actions (login required)

View Item View Item