ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN POLISI KEHUTANAN DALAM MENCEGAH TERJADINYA KEBAKARAN HUTAN (Studi pada Dinas Kehutanan Provinsi Lampung)

ELLEN, AULIA (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN POLISI KEHUTANAN DALAM MENCEGAH TERJADINYA KEBAKARAN HUTAN (Studi pada Dinas Kehutanan Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hutan adalah kekayaan negara yang tidak ternilai harganya, karena hutan mempunyai peranan yang cukup penting terhadap kehidupan diatas bumi ini. Provinsi Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki hutan yang cukup luas. Namun, hutan yang ada di Provinsi Lampung mengalami kerusakan hutan yang cukup parah dan salah satunya disebabkan karena kebakaran hutan. Untuk meminimalisir kerusakan hutan yang akan terus terjadi dikarenakan kebakaran hutan, pemerintah merasa perlu untuk membentuk peraturan tentang perlindungan kehutanan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Kehutanan. Dan dalam mewujudkan upaya perlindungan hutan dari kebakaran hutan, pentingnya peran polisi kehutanan terlibat dan melaksanakan upaya untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan yang terjadi sebagaimana tugas polisi kehutanan sebagai pejabat kehutanan yang disebutkan dalam Undang-Undang Kehutanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah , Bagaimana peran polisi kehutanan Provinsi Lampung dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan? dan Bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap peran polisi kehutanan Provinsi Lampung dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan? Tujuan dari penelitian ini adalah, Untuk mengetahui peran polisi kehutanan Provinsi Lampung dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan mengetahui pandangan Hukum Islam terhadap peran polisi kehutanan Provinsi Lampung dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analitis yaitu dengan cara menganalisa data yang diteliti dengan memaparkan data-data tersebut kemudian memperoleh kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa buku, dokumen, Peraturan perundang- undangan, wawancara, dan hasil dari penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran polisi kehutanan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan di Provinsi Lampung bahwa polisi kehutanan sudah melakukan pencegahan iikebakaran hutan dengan baik dan optimal. Dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan polisi kehutanan melakukan penyuluhan, sosialisasi, pemasangan banner dan rambu-rambu spanduk, berdiskusi dengan tokoh masyarakat dan aparat desa, patroli rutin, koordinasi dengan kades canti dan Ketua Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan penjagaan malam hari dikawasan hutan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan. Dengan adanya peran dari polisi kehutanan dalam mencegah kebakaran hutan, hutan dapat terlindungi dan tetap lestari. Dan pandangan Hukum Islam terhadap peran polisi kehutanan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan di Provinsi Lampung sudah sesuai dengan Hukum Islam yang bertujuan untuk mencegah hal-hal yang buruk dan mewujudkan maslahat yang sangat diperlukan manusia dalam kehidupan di dunia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 23 Aug 2021 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15388

Actions (login required)

View Item View Item