PERSEPSI MAHASISWA KPI TERHADAP MEDIA RADIO SEBAGAI MEDIA SIARAN DAKWAH (Studi Radio Bunda Kandung 104.3 FM Bandar Lampung)

SITI, FATHONAH (2021) PERSEPSI MAHASISWA KPI TERHADAP MEDIA RADIO SEBAGAI MEDIA SIARAN DAKWAH (Studi Radio Bunda Kandung 104.3 FM Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ACI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dakwah sebagai salah satu kegiatan komunikasi keagamaan dihadapkan pada kemajuan yang semakin canggih tidak terlepas dari suatu adaptasi terhadap kemajuan itu, artinya dakwah dituntut agar tidak hanya melakukan siaran pada ceramah-ceramah dimasjid, atau tabligh akbar di masjid-masjid saja. Pada zaman sekarang dakwah seharusnya dikemas dengan cara yang menarik yang sesuai dengan minat masyarakat. Seperti melakukan siaran dakwah yang dilakukan di Radio Bunda Kandung 104.3 FM Bandar Lampung dengan nama program siaran dakwah Dai Kamtibmas. Radio memang terkesan kuno atau jadul pada zaman saat ini dan tidak banyak diminati, khususnya dikalangan anak muda. Hal ini yang menjadi fokus permasalahan dan tujuan utama peneliti untuk mengetahui apakah masih ada mahasiswa yang tergolong kaula muda yang masih mau mendengarkan siaran dakwah di Radio tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan teknik pengumpulan data observasi (pengamatan) dan wawancara. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai persepsi media Radio sebagai media siaran dakwah, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dari kepustakaan tentang persepsi dan siaran dakwah yang menjadi data penunjang. Data tersebut merupakan bahan-bahan untuk menganalisa data dengan menggunakan Reduksi data, Display data dan Verivikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada sekelompok mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam yang masih mau mendengarkan siaran dakwah di Radio Bunda Kandung 104.3 FM Bandar Lampung. Meski tidak banyak hanya sekelompok mahasiswa yang berjumlah 9 orang yang masih mau mendengarkannya ditengah- tengah zaman modern saat ini. Dan untuk hasil penelitian dari segi siaran dakwah menggunakan media Radio ini dapat disimpulkan bahwa pada zaman modern saat ini menggunakan media Radio sebagai siaran dakwah dinilai kurang efektif. Kata kunci : Persepsi, Media Radio, Siaran Dakwah iiABSTRACT Da'wah as one of the religious communication activities faced with increasingly sophisticated progress cannot be separated from an adaptation to that progress, meaning that da'wah is required not only to broadcast lectures in mosques, or tabligh akbar in mosques only. In this day and age, da'wah should be packaged in an attractive way that suits the interests of the community. Such as doing da'wah broadcasts on Bunda Kandung Radio 104.3 FM Bandar Lampung under the name Dai Kamtibmas da'wah broadcast program. Radio does seem old- fashioned or old school at this time and is not much in demand, especially among young people. This is the focus of the problem and the main goal of the researcher is to find out whether there are still students who are classified as young people who still want to listen to the da'wah broadcast on the radio. This study uses research methods with data collection techniques observation (observation) and interviews. Primary data were obtained directly from respondents regarding the perception of radio media as a medium for broadcasting da'wah, while secondary data in the form of theories from the literature on perceptions and broadcasts of da'wah became supporting data. These data are materials for analyzing data using data reduction, data display and verification/conclusion. The results showed that there were still a group of students majoring in Islamic Broadcasting Communications who still wanted to listen to da'wah broadcasts on Bunda Kandung Radio 104.3 FM Bandar Lampung. Although not many, only a group of 9 students still want to listen to it in the midst of today's modern times. And for the results of research in terms of broadcasting da'wah using radio media, it can be concluded that in modern times using radio media as da'wah broadcasts is considered less effective. Keywords: Perception, Radio Media, Da'wah Broadcast Si

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:57
Last Modified: 23 Aug 2021 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15382

Actions (login required)

View Item View Item