IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN YANBU’A PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM PENINGKATAN MEMBACA AL-QURA’AN MATERI TAJWID (MAD WAJIB MUTTASIL, MAD JAIZ MUNFASIL DAN MAD ARIDH LISSUKUN DIKELAS VIII MADRASAH TSANAWIYYAH HASANUDDIN TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG

ASTUTI, Sanhatmo (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN YANBU’A PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM PENINGKATAN MEMBACA AL-QURA’AN MATERI TAJWID (MAD WAJIB MUTTASIL, MAD JAIZ MUNFASIL DAN MAD ARIDH LISSUKUN DIKELAS VIII MADRASAH TSANAWIYYAH HASANUDDIN TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1, 2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN YANBU’A PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM PENINGKATAN MEMBACA AL- QURA’AN MATERI TAJWID (MAD WAJIB MUTTASIL, MAD JAIZ MUNFASIL DAN MAD ARIDH LISSUKUN) DIKELAS VIII MADRASAH TSANAWIYYAH HASANUDDIN TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG Kedudukan tajwid dalam kehidupan manusia menempati tempat yang sangat penting, sebab dalam mengucapkan huruf demi huruf saat membaca al-Qur’an. Baik kesalahan- kesalahan yang dapat mengubah makna atau kesalahan-kesalahan yang tidak mengubah makna, keunggulan membaca al-Qur’an tanpa disertai dengan tajwid akan membawa kesalahan pada sipembaca al-Qur’an. Sedangkan Allah berfirman “sebaik-baik manusia adalah dia yang mempelajari al-Qur’an dengan tajwid dan mengajarkannya kepada orang lain” idealnya pendidikan tajwid diberikan oleh orang tua sejak kecil. karna dengan diajarkannya membaca al-Qur’an menggunakan tajwid sejak kecil atau usia dini, sianak akan terbiasa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid dan hukum-hukum bacaan yang ada dalam al-Qur’an. Jenis penelitian dari skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “Yanbu’a” yakni, yakni suatu metode baca tulis dan menghafal al-Qur’an untuk membacanya peserta didik tidak boleh mengeja, membaca langsung dengan cepat, tepat lancar dan tidak putus-putus disesuaikan dengan kaidah makharijul huruf. Setelah dikaji secara mendalam, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan tajwid dalam kitab ” Yanbu’a “ mencakup tentang pentingnya pendidikan tajwid dasar atau sumber pendidikan tajwid (Al-Qur’an dan Hadist) Kata kunci: METODE PEMBELAJARAN YANBU’A MEMBACA AL-QUR’AN MATERI TAJWID MAD WAJIB MUTTASIL, MAD JAIZ MUNFASIL, DAN MAD ARIDH LIS-SUKUN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:43
Last Modified: 20 Aug 2021 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15369

Actions (login required)

View Item View Item