IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MTS AN NUR PELOPOR BANDAR JAYA LAMPUNG TENGAH

Andecha, Rosiana Wanandes (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MTS AN NUR PELOPOR BANDAR JAYA LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (6MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen peseta didik merupakan usaha pengaturan terhadap peserta didik dari peserta didik tersebut masuk madrasah sampai dengan peserta didik lulus dari madrasah. Yang diatur secara langsung dan tidak langsung. Pengaturan segi-segi selain peserta didik dimaksud untuk memberikan layanan yang sebaik mungkin kepada peserta didik selama di madrasah. Dengan demikian manajemen peserta didik diartikan sebagai suatu pengaturan dan pemberian layanan kepada peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sampai peserta didik menyelesaikan pendidikannya di madrasah. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kesiswaan di MTs An Nur Pelopor Bandar Jaya Lampung Tengah. penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dan guru MTs An Nur Pelopor Bandar Jaya Lampung Tengah. Data sekunder berupa data teoritis, dan dokumentasi dan data pendukung lainnya yang di peroleh dari dokumen madrasah. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTs An Nur Pelopor Bandar Jaya Lampung Tengah sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari indikator manajemen peserta didik yang ada mengenai: analisis kebutuhan peserta didik, seleksi peserta didik, pencatatan dan pelaporan serta kelulusan dan alumni. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik ABSTRACT Student management is an effort to regulate students from those students entering the madrasah until the students graduate from the madrasah. Which is regulated directly and indirectly. The arrangement of aspects other than students is intended to provide the best possible service to students while at the madrasah. Thus student management is defined as an arrangement and provision of services to students starting from the student entering until the student completes his education at the madrasah. This study uses a qualitative approach, to find out how the implementation of student management at MTs An Nur Pelopor Bandar Jaya Lampung Tengah. This study uses data collection techniques by means of interviews, observation and documentation. The primary data in this study were the head of the madrasah, the deputy head of the madrasah for student affairs and the teacher of MTs An Nur Pelopor Bandar Jaya Central Lampung. Secondary data in the form of theoretical data, and documentation and other supporting data obtained from madrasah documents. The validity of the data was tested by triangulation of sources. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the Implementation of Student Management at MTs An Nur Pelopor Bandar Jaya Lampung Tengah has been carried out well. This can be seen from the existing student management indicators regarding: analysis of student needs, student selection, recording and reporting as well as graduation and alumni. Keywords: Student Management

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:54
Last Modified: 20 Aug 2021 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15352

Actions (login required)

View Item View Item