MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK MELALUI KEGIATAN BERKEBUN DI TK TERATAI KELOMPOK B SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

DINDA, PARAMITHA INDRAYANI (2021) MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK MELALUI KEGIATAN BERKEBUN DI TK TERATAI KELOMPOK B SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSII BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSII FULL DINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian ini penerapan kegiatan berkebun dalam proses pembelajaran memiliki dampak yang sangat penting dalam mengembangkan kecerdasan naturalistik anak usia dini. Karena dengan penerapan kegiatan berkebun tersebut dapat meningkatkan rasa cinta dan peduli anak terhadap lingkungan alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah Kegiatan Berkebun Dapat Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Teratai?”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kegiatan berkebun dapat mengembangkan kecerdasan naturalistik pada peserta didik kelompok B di Taman Kanak-kanak Teratai. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelompok B TK Teratai Sukarame Bandar Lampung yang berjumlah 13 peserta didik. Objek dalam penelitian ini yaitu perkembangan kecerdasan naturalistik dalam diri peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik observasi. Kesimpulan penelitian yaitu bahwa penerapan kegiatan berkebun dapat mengembangkan kecerdasan naturalistik anak pada anak kelompok B TK Teratai Sukarame Bandar Lampung, hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I dalam perkembangan kecerdasan naturalistik terdapat 13 peserta didik dan diperoleh 6 orang anak atau 46,1% dari jumlah anak memenuhi kriteria mulai berkembang (MB), 7 orang anak atau 53,8% dari jumlah anak yang memenuhi kriteria berkembang sesuai harapan (BSH).Pada siklus II terdiri dari 13 peserta didik, 13 anak di kelas B yang memberikan hasil Belum Berkembang (BB) tidak ada, Mulai Berkembang (MB) tidak ada, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak yaitu 15,3%, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 11 anak yaitu 84,6%. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu apabila 75% peserta didik kelompok B Sukarame Bandar Lampung kecerdasan naturalistiknya berkembang sangat baik dapat tercapai. Kata Kunci : Kecerdasan Naturalistik, Berkebun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:48
Last Modified: 20 Aug 2021 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item View Item