PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI DISTANCE LEARNING PADA MATERI PROGRAM LINEAR

LISA, MEI LINDASARI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI DISTANCE LEARNING PADA MATERI PROGRAM LINEAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LISA MEI LINDASARI 1711050179 PMTK 17.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai inovasi media pembelajaran interaktif materi program linear menggunakan pendekatan matematika realistik yang valid, menarik, dan efektif untuk memfasilitasi distance learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli media dan ahli materi, analisis respon peserta didik, dan uji effect size. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah kelas A,C,D,E semester 4 jurusan pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung. Hasil uji kelayakan dari validator media yaitu 3,37 dan mendapatkan rata-rata skor kelayakan ahli media yaitu 3,37 dengan kriteria valid dan rata-rata skor kelayakan ahli materi yaitu 3,53 dengan kriteria valid. Uji kemenarikan mendapat skor 3,52 pada uji skala kecil dengan kriteria ―sangat menarik‖ dan mendapat skor 3,56 pada uji skala besar dengan kriteria ―sangat menarik‖. Penilaian uji keefektivitasan mendapatkan skor uji effect size sebesar 0,43 dengan kategori sedang dan efektif untuk digunakan saat pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Pendekatan Matematika Realistik, Distance Learning iiABSRACT This development research was carried out as an interactive learning media innovation for linear programming material using a valid, interesting, and effective realistic mathematical approach to facilitate distance learning. The type of research used is development research using the ADDIE model. The data analysis techniques used are validation analysis of media experts and material experts, analysis of student responses, and effect size tests.. The sampling technique used is cluster random sampling. The test subjects in this study were grades A, C, D, E semester 4 majoring in mathematics education at UIN Raden Intan Lampung. The results of the feasibility test of the media validator are 3.37 and get an average score of 3.37 for media experts with valid criteria and the average score for material experts is 3.53 with valid criteria. The attractiveness test got a score of 3.52 on the small-scale test with the criteria of "very interesting" and got a score of 3.56 on the large-scale test with the criteria of "very interesting". The assessment of the effectiveness test got an effect size test score of 0.43 with a moderate and effective category for use during learning. Keywords: Interactive Learning Media, Realistic Mathematics Approach, Distance Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:51
Last Modified: 18 Aug 2021 08:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item View Item