PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) BERBANTUAN MICROSOFT MATHEMATICS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA

Alvaresa, Fahira (2021) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) BERBANTUAN MICROSOFT MATHEMATICS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1-5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi (Alvaresa Fahira)full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu hal mendasar yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika. Pemahaman konsep menurut Killpatrik adalah: 1) menyatakan ulang konsep, 2) mengklasifikasi objek, 3) mengaplikasi konsep secara algoritma, 4) menyatakan konsep dalam berbagai representasi matematis, 5) menghubungkan berbagai konsep. Setiap siswa memiliki cara memahami konsep matematis yang berbeda, salah satu hal yang menyebabkan perbedaan adalah tipe kepribadian siswa. Tipe kepribadian menurut Hippocrates Galenus ada empat macam yaitu: 1) sangunis, 2) koleris, 3) melankolis, 4) phlegmatis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pendekatan STEM berbantuan Microsoft Mathematics terhadap pemahaman konsep matematis siswa, 2) pengaruh tipe kepribadian Hippocrates-Galenus terhadap pemahaman konsep matematis siswa, 3) interaksi antara pendekatan STEM berbantuan Microsoft Math dengan tipe kepribadian Hippocrates-Galenus terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2020/2021 yang berdistribusi 5 kelas dan 2 kelas terpilih sebagai sample melalui teknik Acak Kelas. Pengambilan data menggunakan instrumen angket dan instrument soal posttest. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel taksama, dengan taraf signifikansi 5% dari hasil analisis hipotesis pertama nilai signifikansi = 0,00 < 0,05 sehingga H0A ditolak, hipotesis kedua nilai signifikansi = 0,24 > 0,05 sehingga H0B diterima, hipotesis ketiga nilai signifikansi = 0,28 > 0,05 sehingga H0C diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pendekatan STEM berbantuan Microsoft Mathematics terhadap pemahaman konsep matematis, (2) tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan STEM berbantuan Microsoft Mathematics dengan tipe kepribadian siswa terhadap pemahaman konsep matematis. Kata Kunci : Microsoft Mathematics, Pemahaman Konsep Matematis, Pendekatan STEM, Tipe Kepribadian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:46
Last Modified: 18 Aug 2021 08:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15342

Actions (login required)

View Item View Item