PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS ARRAYHAN BANGKUNAT KABUPATEN PESISIR BARAT

MUSTIKA, SARI (2021) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS ARRAYHAN BANGKUNAT KABUPATEN PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUSTIKA SARI 1711030040 Revisi FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala Madrasah sebagai pemimpin dalam menyelenggarakan pendidikan di Madrasah harus mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan peranan khusunya dalam meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru merupakan kunci sukses dalam mendorong dan memperoleh hasil belajar mengajar yang signifikan, sehingga akan menghasilkan mutu pendidikan yang berdaya guna dan berhasil Rumusan masalah yang diajukan adalah ―Bagaimana peran Kepala Madrasah sebagai Educator di MTs Arrayhan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat?, Bagaimana peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor di MTs Arrayhan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat? Dan Bagaimana peran Kepala Madrasah sebagai Motivator di MTs Arrayhan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku objek yang sedang diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Peranan Kepala Mdarasah Dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Arrayhan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat sebagai educator adalah menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberikan nasihat kepada warga sekolah, memberikan dorongan kepada tenaga kependidikan serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik, Kepala Madrasah Selaku Supervisor ialah menyelenggarakan supervise mengenai proses belajar mengajar, kegiatan bimbingan dan konseling, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan ketatausahaan, kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait, Kepala Sekolah Sebagai Motivator Sebagai motivator, kepala sekolah memiliki peran yang tepat untk memberikan motivai kepada tenaga kependidikan dalam melakukan berbgai tugas dan fungsinya. Motivasi ini dapat ditumbhkan melalui lingkungan fisik, suasana kerja, disiplin, dorongan, penghargaan secara efektif dan penyediaan berbagai sumber belajar melalui pengembangan pusat sumber belajar Kata kunci : peranan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guruABSTRACT The head of the madrasa as a leader in providing education in the madrasa must be able to carry out his duties and according to his particular improving teacher performance. Teacher in role performance is the key to success in encouraging and obtaining significant teaching and learning outcomes, so that it will produce efficient and successful quality education. The formulation of the problem proposed is "What is the role of the Head of Madrasa as an Educator at MTs Arrayhan Bangkunat Pesisir Barat Regency?, What is the role of the Head of Madrasa as Supervisor at MTs Arrayhan Bangkunat Pesisir Barat Regency? And what is the role of the Madrasah Head as a Motivator at MTs Arrayhan Bangkunat, Pesisir Barat Regency? This research is descriptive descriptive, namely data analysis that applies to a certain meaning, reasoning, definition and describes the behavior of the object being studied. Methods of data collection is by done using method the and observation, interviews of documentation. The role of the Head of Madrasah In improving teacher performance at MTs Arrayhan Bangkunat, Pesisir Barat Regency as an educator is to create a conducive school atmosphere, provide advice to school residents, provide encouragement to education staff and implement interesting learning models, the Head of Madrasah as Supervisor has supervised this matter. the. teaching and learning, and counseling activities, extracurricular activities, guidance collaborative activities with the community and related institutions, the Principal as a Motivator As a motivator, the principal has the right role to motivate education staff in carrying out their duties and functions. This motivation can be grown through the physical environment, atmosphere, discipline, encouragement, work appreciation effectively and the provision of various learning resources through the development of a learning resource center. Keywords: the role of the principal in improving teacher performance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 07:41
Last Modified: 18 Aug 2021 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15332

Actions (login required)

View Item View Item